Dirut BRI Sunarso Didaulat Sebagai <i>Best CEO BUMN</i>: Ini Kerja Keras Seluruh Insan Perusahaan
Direktur Utama BRI Sunarso (Foto: Dok. BRI)

Bagikan:

JAKARTA – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI) Sunarso disebutkan meraih penghargaan sebagai Best CEO BUMN 2022 dari BUMN Track. Dalam keterangannya, Sunarso mengatakan apresiasi yang diraih merupakan sinyal perseroan memiliki kinerja positif, khususnya dalam memberdayakan serta mengeskalasi pemulihan UMKM.

“Saya ingin menyampaikan bahwa ini merupakan kerja keras seluruh insan perusahaan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah,” ujarnya dalam keterangan pers dikutip Jumat, 25 Maret.

Menurut Sunarso, pencapaian tersebut semakin mendorong BRI agar menghadirkan fasilitas perbankan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Kami akan terus melakukan transformasi yang fokus pada aspek digitalisasi dan kultur agar dapat memberikan pelayanan terbaik. Penghargaan ini pasti membawa perubahan positif bagi perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja perusahaan,” tuturnya.

Tidak hanya meraih penghargaan Best CEO, banknya wong cilik itu juga menyabet tiga gelar lain, yakni kategori Strategi Tumbuh dan Bertahan, Tata Kelola Perusahaan GCG, dan The Best Korporat.

Dari sisi kinerja, BRI pada sepanjang 2021 mencatatkan laba bersih secara bank only sebesar Rp32,22 triliun atau melesat 75,53 persen secara tahunan (year-on-year/y-o-y).

Perseroan juga diketahui terus berupaya mendorong UMKM naik kelas dengan pemberdayaan dan pemberian modal usaha. Total kredit dan pembiayaan BRI secara konsolidasian telah mencapai Rp1.042,87 triliun.

Secara terperinci, segmen mikro tercatat mendominasi penyaluran kredit dan pembiayaan dengan nominal sebesar Rp483,89 triliun, segmen kecil dan menengah sebesar Rp240,35 triliun, segmen korporasi sebesar Rp168,27 triliun dan segmen konsumer sebesar Rp150,35 triliun.

“BRI akan untuk terus menciptakan dan men-deliver value agar senantiasa tumbuh secara berkelanjutan. Selain menciptakan value dari aspek ekonomi dan bisnis (economic values), kami ingin menghadirkan social values bagi seluruh lapisan masyarakat,” tutup Sunarso.