Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyelenggarakan BRILian Fest sebagai kegiatan puncak peringatan HUT ke-127 yang digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Minggu akhir pekan ini.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, acara ini merupakan apresiasi kepada seluruh pegawai BRI beserta keluarga se-Jabodetabek dengan perkiraan jumlah yang hadir mencapai 40.000 orang.

“BRILiaN Fest menghadirkan berbagai acara dan aktivasi yang didedikasikan untuk Insan BRILiaN seperti family gathering, showcase dan hiburan yang diisi artis ternama,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Minggu, 18 Desember.

Menurut Sunarso, kerja keras seluruh pihak yang terkait telah membuahkan kinerja positif yang mampu terus tumbuh dan semakin tangguh di tengah situasi yang tidak mudah karena pandemi dan ketidakpastian ekonomi global.

“BRI tumbuh sebagai lembaga keuangan yang terus senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah,” tuturnya.

Sunarso menambahkan, prestasi perseroan tergambar dari kinerja keuangan hingga September 2022 yang mampu mencetak laba Rp39,3 triliun. Angka ini tumbuh 106,1 persen year on year (yoy) dengan total aset meningkat 4 persen Rp1.684,6 triliun.

“Hasil positif ini juga terlihat dari kontribusi dividen dan pajak BRI kepada negara Rp26,5 triliun pada sepanjang 2021 yang lalu,” tegasnya.

Bos BRI itu menyampaikan pula, sebagai bank dengan backbone business di sektor UMKM, pihaknya konsisten untuk memberdayakan dan menumbuhkembangkan pelaku usaha UMKM di seluruh Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari total kredit dan pembiayaan BRI Group tercatat sebesar Rp1.111,4 triliun atau tumbuh 7,9 persen.

Secara khusus, portofolio kredit UMKM BRI tercatat meningkat sebesar 9,8 persen yoy dari Rp852,1 triliun di akhir September 2021 menjadi Rp935,8 triliun di akhir September 2022. Hal ini menjadikan proporsi kredit UMKM dibandingkan total kredit BRI terus meningkat, menjadi 84,2 persen.

Sunarso pun menekankan bahwa perseroan akan terus melanjutkan keberhasilan transformasi sebagai upaya untuk merespon strategic risk di masa mendatang.

“Transformasi BRI telah kita jalankan sejak 2016 yang kami sebut dengan BRIvolution 1.0 dengan aspirasi menjadi The Most Valuable Bank in Southeast Asia and Home to The Best Talent,” katanya.