BRI Pamer 10 Prestasi Sepanjang 2022, Ada Cuan Rp39,31 Triliun
Gedung BRI (Foto: Dok. Antara/BRI)

Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) bersiap tutup buku 2022 dengan sejumlah torahan manis pada sepanjang tahun ini. Dalam siaran pers yang didistribusikan hari ini, Kamis, 29 Desember, lembaga jasa keuangan berkode saham BBRI itu memaparkan 10 pencapaian terbaik perseroan.

Berikut redaksi rangkumkan untuk pembaca.

1. Mempertahankan Predikat World’s Largest Public Companies in Indonesia

Label sebagai perusahaan publik terbesar di Tanah Air semakin lengkap dengan masuknya BRI dalam Forbes 2022: Global 2000 World’s Largest Public Companies. Bank wong cilik ini tercatat menempati ranking ke-349 dunia atau naik peringkat dari urutan ke-362 pada tahun lalu.

2. Raup Laba Rp39,31 triliun dalam sembilan bulan

BBRI tercatat berhasil meraup laba Rp39,31 triliun pada kuartal III 2022. Perolehan itu melesat 106,1 persen secara year on year (yoy) dibandingkan dengan periode yang sama 2021.

“Pencapaian laba ini menjadi yang tertinggi untuk BRI dan perusahaan-perusahaan di Indonesia,” tegas risalah tersebut.

3. Transaksi melalui aplikasi digital tembus Rp2.000 triliun

Layanan resmi BRI melalui kanal digital, BRImo, disebutkan sukses menembus transaksi Rp2.084 triliun per Oktober 2022. Bukuan ini tumbuh dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

4. Jumlah agen ritel yang naik jadi 597.000

Komitmen BRI dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia dibuktikan dengan semakin banyaknya agen ritel BRILink yang sudah mencapai Rp597.177 agen atau tumbuh 25,7 persen yoy.

5. Holding ultramikro mengintegrasikan 34 juta nasabah

Setahun sejak pendirian Holding Ultra Mikro antara BRI dengan PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) diklaim berpotensi mendorong 34 juta nasabah sektor usaha kerakyatan untuk naik kelas. Kini, layanan terintegrasi telah mencakup 1.003 lokasi di seluruh Indonesia.

6. Fasilitas restrukturisasi bagi 3,9 juta nasabah

Pandemi COVID-19 yang terjadi dalam tiga tahun belakangan ini berdampak cukup signifikan terhadap keberlangsungan usaha, utamanya UMKM yang menjadi nasabah prioritas BRI. Menanggapi kondisi hal tersebut, perseroan memberikan fasilitas restrukturisasi kredit kepada 3,9 juta nasabah dengan nilai menembus Rp256,1 triliun.

7. Pembiayaan berkelanjutan tertinggi Rp671 triliun

BRI tercatat sebagai perusahaan dengan pembiayaan berkelanjutan tertinggi dengan realisasi sebesar Rp671,1 triliun atau setara 66,6 persen dari total kredit yang disalurkan pada kuartal III 2022. Langkah strategis itu sekaligus mengukuhkan BBRI sebagai role model penerapan Environmental, Social, & Governance (ESG) di Indonesia.

8. Menyalurkan 680.000 bibit pohon untuk mendukung serapan emisi karbon.

Tahun ini Bank Rakyat Indonesia telah memberikan 680.000 bibit pohon kepada sejumlah pihak di Indonesia sebagai bagian dari upaya aktif memerangi perubahan iklim. Adapun, total bibit pohon yang bakal disalurkan mencapai 1,75 pohon hingga 2023 mendatang.

9. Dukung pemberdayaan desa

Melalui program Desa BRILian, bank dengan aset terbesar nasional ini tercatat memiliki 2.182 desa binaan yang diharapkan bisa terus mengoptimalkan potensi ekonomi setempat. Rencana besar itu tertuang dalam cetak biru Sustainable Development Goals (SDG's) yang dikembangkan perusahaan.

10. Raih 165 penghargaan

Pada sepanjang tahun ini BRI menyatakan berhasil menggondol 165 penghargaan bergengsi, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Jumlah penghargaan tersebut diklaim mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.