Matahari Department Store Milik Konglomerat Mochtar Riady Kerja Sama dengan Layanan <i>Paylater</i> Besutan Atome yang Sudah Berpengalaman di China
Gerai Matahari Department Store, (Foto: Dok. Matahari Dept. Store)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan ritel dari grup Lippo milik konglomerat Mochtar Riady, PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) resmi berkolaborasi dengan layanan penyedia layanan bayar tunda (BNPL/paylater) besutan Atome (PT Atome Financial Indonesia).

CEO Matahari Department Store Terry O’Connor menyampaikan, kerja sama yang terealisasi sejak Desember 2021 ini merupakan upaya memberikan akses mudah bagi generasi muda pada produk-produk berkualitas yang menunjang hobi, passion, serta aspirasi mereka.

"Melalui kerja sama ini, berbagai kegiatan interaktif akan kami hadirkan bersama sebagai wujud dari implementasi visi dan tujuan kami sebagai house of specialist. Selain itu, kami juga melihat bahwa Atome merupakan aplikasi paylater yang sangat populer di Indonesia dan dekat dengan generasi muda sebagai pengguna aktif dunia digital," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Senin 17 Januari.

Kerja sama ini juga sebagai langkah mengambil momentum paylater untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia usai pandemi COVID-19. Mitra merchant menyampaikan adanya peningkatan sebanyak 30 persen dalam penjualan setelah menawarkan penerimaan pembayaran dengan paylater.

"Kami berharap melalui kerja sama ini, produk kami dapat diminati lebih banyak dan membantu masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk menjalankan passion, hobi, dan aspirasinya. Kami juga senang dapat bekerja sama dan menjadi bagian dari pemulihan perekonomian Indonesia khususnya pada bisnis ritel bersama Atome di 2022 dan seterusnya," tambahnya.

Adapun, Winardi Wijaya, General Manager Atome Financial Indonesia mengatakan bangga dapat menjalin kerja sama dengan Matahari Department Store, brand terkemuka yang memiliki sejarah panjang dalam dunia ritel di Indonesia dengan total 139 gerai yang kini tersebar di 77 kota seluruh Indonesia.

"Matahari dikenal dengan pakaian fashion dan gaya hidup yang berkualitas, modis serta terjangkau. Selain itu, kemitraan ini akan memungkinkan pembeli generasi muda yang melek akan digital untuk berbelanja produk Matahari melalui pengalaman berbelanja dan pembayaran yang sederhana, mudah, dan nyaman," jelasnya.

Atome yang merupakan singkatan dari 'Available To Me and Access to More' telah hadir di Indonesia dan memiliki pengalaman di delapan negara lainnya, yakni Singapura, Malaysia, Hong Kong, Vietnam, Taiwan, Filipina, Thailand, dan Tiongkok Raya.

Lewat Atome, konsumen Matahari kini memiliki kenyamanan, akses, serta kemampuan untuk melakukan pembelian produk-produk bermerek dari Matahari dengan pembayaran yang dapat dicicil selama tiga atau enam bulan, tanpa bunga. Pembayaran dilakukan dengan hanya melakukan scan kode QR di dalam outlet Matahari.

Kini, mayoritas pengguna Atome adalah Gen Z dan milenial yang berusia antara 25-40 tahun, yang senang akan simplicity dan pengalaman pengguna yang mengutamakan digital.

Sebagai informasi, Atome merupakan penyedia paylater yang fokus pada transaksi bayar tunda sektor ritel, terutama fashion dan lifestyle. Tercermin dari realisasi kemitraan yang kuat dengan lebih dari 300 merchant online dan merchant offline.

Adapun merchant yang dimaksud, mencakup lebih dari 4.000 toko, antara lain bagian MAP Group, seperti Zara, Mango, Foodhall, Sephora, Planet Sports, Sogo, dan lain-lain; Giordano Group termasuk Giordano, Nike, dan brand sejenis; H&M Indonesia; ZALORA; Matahari Dept Store; Kanmo Group; Star Department Store; Salt n Pepper; ALDO, iStyle.id; Bata; Buccheri; JD.ID; Scandia; Agoda; Gramedia; dan Xiaomi.

Terkait