Wow! Elektabilitas Sri Mulyani Kalahkan Cak Imin, Bamsoet Hingga Airlangga Hartarto Sebagai Calon Presiden
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani diam-diam menyimpan potensi untuk menjadi orang nomor satu di republik ini. Hal tersebut terungkap dari hasil survei yang dirilis oleh lembaga Indikator Politik Indonesia.

Dilaporkan bahwa elektabilitas Sri Mulyani mengungguli sejumlah nama politisi beken Tanah Air, macam Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), hingga Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto.

“Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bbu/Bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut ini?,” demikian pertanyaan survei Indikator yang membuat Sri Mulyani unggul dari ketiga nama tersebut, dikutip Senin, 10 Januari.

Secara terperinci, Sri Mulyani mendapatkan skor 0,6 persen dari jawaban responden. Sementara Cak Imin, Airlangga Hartarto, dan Bamsoet masing-masing mendapatkan porsi 0,4 persen, 0,2 persen, dan 0,1 persen.

Perlu diketahui bahwa survei ini menggunakan skema simulasi terhadap 33 nama semi terbuka yang diajukan kepada responden.

Kemudian, pada survei lanjutan yang mengerucutkan nama menjadi 19 orang, lagi-lagi Sri Mulyani memimpin elektabilitas ketimbang tiga nama politisi tadi.

Tercatat jika bendahara negara menjadi pilihan 1 persen responden. Disusul selanjutnya oleh Airlangga Hartarto dengan 0,9 persen, Bambang Soesatyo 0,8 persen, dan Muhaimin Iskandar sebesar 0,6 persen.

Adapun, nama teratas calon Presiden RI menurut survei Indikator ditempati oleh Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, serta Anies Baswedan.

Sebagai informasi, jajak pendapat yang dilaksanakan oleh Indikator menggunakan metode multistage random sampling dengan total 2.020 responden dan margin of error 2,9 persen di 34 provinsi seluruh Indonesia.