Sri Mulyani Resmikan Pembangunan Rusunara di Jayapura
Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) saat meresmikan groundbreaking Rusunara di Papua (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meresmikan pembangunan rumah susun negara (Rusunara) di Jayapura, Papua. Groundbreaking ini sekaligus seremoni untuk memulai pembangunan sarana infrastruktur yang sama di Merauke.

Dalam keterangannya, Menkeu menyebut jika Rusunara akan dimanfaatkan untuk pegawai Kementerian Keuangan yang mendapat penugasan di lokasi tersebut.

Pasalnya, bendahara negara mengungkapkan bahwa tidak jarang para pegawai Kemenkeu mendapatkan tempat tinggal yang jauh dari unit kerja. Untuk itu, melalui hadirnya Rusunara diharapkan kinerja aparatur negara dapat semakin meningkat karena memangkas waktu tempuh perjalanan.

“Seluruh penugasan harus mendapat perhatian. Upaya ini sekaligus wujud merajut persatuan dan kesatuan melalui tugas dan fungsi kita semau,” ujarnya melalui saluran virtual, Jumat, 26 November.

Menurut Menkeu, bukti nyata menghadirkan sarana dan prasarana di sejumlah wilayah adalah langkah strategis untuk menghilangkan anggapan daerah tertinggal atau terpencil.

“Kita akan terus berupaya menghilangkan hambatan di lapangan melalui pemberian dukungan bagi daerah,” tuturnya.

Untuk diketahui, pembangunan Rusunara ini disebutkan menelan anggaran tidak kurang dari Rp25,5 miliar. Informasi itu didasarkan pada data yang dilansir oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) untuk periode 2021.

Rencananya, hunian bertingkat ini akan memiliki tinggi tiga lantai dengan estimasi waktu pengerjaan 1,5 tahun. Dikatakan pula bahwa fasilitas di Rusunara ini bakal setara dengan Wisma Atlet Kemayoran yang ada di Jakarta.