Terungkap, Kaesang Anak Jokowi Semakin Menggurita! Baru Saja Gelontorkan Rp92,2 Miliar Caplok 8 Persen Saham Perusahaan Udang
Anak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram @kaesangp)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan pengolah makanan beku berbasis udang, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) telah menandatangani perjanjian kerja sama strategis dan perjanjian jual beli saham dengan GK Hebat milik anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep. GK Hebat merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang akselerasi bisnis pengolahan makanan dan minuman.

Dalam keterangan resmi PMMP, dikutip Selasa 9 November, PT Harapan Bangsa Kita atau GK Hebat membeli sebanyak 188,24 juta lembar atau sebesar 8 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan, dengan harga Rp 490 per lembar saham. Transaksi tersebut adalah bentuk investasi sebagai portofolio saham secara langsung

Total dana yang dikeluarkan untuk pembelian saham PMMP tersebut adalah sekitar sebesar Rp92,2 miliar. Adapun GK Hebat merupakan platform akselerator UMKM yang didirikan oleh Kaesang Pangarep, pada 2019 lalu.

GK Hebat didirikan untuk menjembatani kebutuhan UMKM dengan bisnis-bisnis lainnya. GK Hebat sendiri telah membawahi beberapa merek makanan dan minuman seperti Sang Pisang, Yang Ayam, Ternakopi, Siap Mas, dan Let’s Toast.

Sebagai bagian dari perjanjian kerjasama strategis ini, kedua pihak sepakat untuk bekerja sama dalam menjajaki sejumlah peluang bisnis terkait produk perseroan, serta akan mendukung perseroan dalam melakukan adaptasi digital serta meningkatkan literasi digital dalam seluruh proses operasional.

Kerja sama strategis ini juga bertujuan untuk memperluas pasar domestik PMMP melalui merek Ebinoya agar mampu meningkatkan penetrasi ke dalam pasar UMKM yang sedang berkembang pesat sekarang.

"Kami menyambut baik adanya kerjasama strategis ini untuk meningkatkan penetrasi pasar lokal perseroan, khususnya pada sektor UMKM," jelas Direktur Utama PMMP, Martinus Soesilo.

Selain itu, PMMP dan GK Hebat juga akan membentuk tim digitalisasi, didukung oleh salah satu lini bisnis GK Hebat yaitu GK Plug and Play. Lini bisnis ini nantinya akan berfokus pada identifikasi proses bisnis dan operasional PMMP dan menghasilkan inovasi inovasi digital yang dapat diimplementasikan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja.

Ia menambahkan, salah satu tujuan dari kerjasama strategis ini adalah untuk memajukan industri aquaculture di Indonesia, sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia. Lebih lanjut, PMMP saat ini tengah berfokus untuk melakukan penetrasi lokal melalui brand milik Ebinoya.

"Hal ini merupakan upaya dari strategi bisnis perseroan untuk meningkatkan kinerjanya pada tahun-tahun berikutnya. Kami targetkan pendapatan usaha dari segmen domestik kami mampu tumbuh sekitar 50 persen-70 persen secara CAGR selama 5 tahun kedepan," tutur Martinus.