Bocorkan Portofolio Saham, Kaesang Pangarep Investasi di Sektor Apa Saja?
Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep mengaku telah menggeluti dunia pasar modal sejak 2017 silam.

Kaesang mengaku lebih mempercayakan uang yang dimilikinya untuk berinvestasi di saham ketimbang ditabung. Bahkan, jumlahnya mencapai 70 persen.

Kaesang mengungkapkan, dirinya selalu mengupayakan agar uang yang dimilikinya diinvestasikan di saham.

Hal ini karena investasi di saham dinilai memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan investasi di instrumen lain.

Lebih lanjut, Kaesang mengaku, hanya berinvestasi di pasar modal dalam negeri.

Ia menjelaskan, 100 persen portofolio kepemilikan sahamnya merupakan perusahaan dalam negeri.

"Enggak, cuma di dalam negeri aja. Enggak ada. 100 persen di sini, enggak ada di luar negeri," kata Kaesang kepada VOI saat ditemui di Menara Imperium, Jakarta, Rabu, 28 September.

Lalu, apa saja sektor yang menjadi pilihan Kaesang untuk berinvestasi?

1. Energi

Kaesang mengaku dalam berinvestasi, dirinya selalu melihat potensi. Contohnya, kata dia, kondisi Eropa yang sebentar lagi memasuki musim dingin. Keadaan ini akan meningkatkan permintaan batu bara. Karena itu, Kaesang milih berinvestasi di sektor energi. Khusus batu bara.

"Sebentar lagi Eropa mau musim dingin. Eropa butuh pasokan batu bara lebih banyak, nah disitu kan korelasinya kebutuhan demand bakal tinggi, harga batu bara bakal naik. Berarti performa perusahaan lebih baik karena secara harga jauh lebih bagus. Biasanya beli-beli saham di industri coal gitu," ucapnya.

2. Entertaiment

Tak hanya sektor energi, Kaesang juga mengaku memiliki saham di sektor entertaiment. Kepemilikan saham tersebut diletarbekangi kegemarannya menonton film.

"Entertaiment, karena aku kan dua minggu sekali pasti nonton film. Investasi di industri yang menjalankan itu," katanya.

3. Makanan

Selain energi dan entertaiment, Kaesang juga mengaku memiliki saham di sektor industri makanan. Kaesang mengaku baru saja tergerak untuk masuk ke sektor ini.

"Energi. Perbankan enggak, sudah lepas. Terus food, baru aja masuk. Entertaiment. Tiga itu," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep terlihat agresif dalam mengembangkan bisnisnya. "Kaki" bisnis Kaesang menggurita dan menapak di mana-mana, dari mulai bisnis kuliner, sepak bola dan terbaru menjadi investor di perusahaan pengolah makanan beku berbasis udang, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP).

Investasi Kaesang Pangarep di PMMP dilakukan melalui perusahaan yang dimilikinya, PT Harapan Bangsa Kita atau GK Hebat. Kaesang resmi berinvestasi di PMMP dengan memborong 188,24 juta saham, setara 8 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Panca Mitra Multiperdana.

Ratusan juta saham PMMP itu diborong PT Harapan Bangsa Kita dari tangan pengendali PT Panca Mitra Multiperdana Tbk, yakni PT Tiga Makin Jaya.

Dengan harga transaksi di Rp490 per saham, PT Harapan Bangsa Kita menggelontorkan dana investasi sekitar Rp2,24 miliar untuk mengambilalih 8 persen saham PMMP.

Total dana yang dikeluarkan untuk pembelian saham PMMP tersebut adalah sekitar sebesar Rp92,2 miliar.

Adapun GK Hebat merupakan platform akselerator UMKM yang didirikan oleh Kaesang Pangarep, pada 2019.

Direktur PT Harapan Bangsa Kita Anthony Pradiptya, yang merupakan rekan bisnis Kaesang Pangarep menyebut, pembelian saham PMMP bertujuan sebagai investasi.

PT Harapan Bangsa Kita selama ini dikenal sebagai payung usaha Kaesang Pangarep di bisnis kuliner.

PT Harapan Bangsa Kita menaungi sejumlah usaha seperti Sang Pisang, Yang Ayam, Lets Toast dan Ternakopi. Selain itu ada juga perusahaan teknologi informasi bernama Enigmacamp.