Asal-Usul Ucapan Legendaris "YNTKTS" Jokowi Sampai Populer Dijadikan Meme
Meme YNTKTS (Sumber: Facebook/knowyourmemeID)

Bagikan:

JAKARTA - Belum lama ini video kemunculan tulisan "YNTKTS" pada sebuah papan display Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Bogor viral. Akronim dari "ya ndak tahu kok tanya saya" tersebut dipopulerkan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo. Pertanyaannya, kapan pertama kali Jokowi melontarkan ungkapan fenomenal tersebut sampai dijadikan meme seperti saat ini? 

Salah satu yang menyebarkan video tersebut adalah pemilik akun Twitter @IbnuTasrip. Pihak Corporate Secretary PT Pertamina, Patra Niaga mengatakan teks berjalan bertuliskan "YNTKTS" adalah ulah peretas. "Papan running text kena hack," kata Putut kepada Kompas

SPBU tersebut kata Putut terletak di Jl. Mayor Oking, Cibinong, Bogor. Dan tulisan pada papan teks berjalan itu kini telah diperbaiki. 

Istilah YNTKTS sudah lama menjadi fenomenal di media sosial khususnya Twitter. Bahkan tak sedikit warganet yang menjadikan meme. 

Pemilik akun @lesserevile misalnya, membubuhkan istilah YNTKTS pada sebuah kaos. Akun tersebut membuat meme bertuliskan "alasan aku malu bertamu ke rumah orang tuamu" dan menaruh gambar kaos "YNTKTS" di memenya. 

Selain itu di Facebook, meme YNTKTS juga bertebaran. Bahkan ada salah satu unggahan yang menambahkan istilah lain yang keluar dari mulut Presiden Soeharto yakni "KKTBSYS". Itu adalah kependekan dari "kenapa kamu tanya begitu, siapa yang suruh." Video yang sama-sama pernah viral ketika ada anak kecil bertanya kepada penguasa Orde Baru mengenai kenapa presiden Indonesia cuma ada satu. 

Asal Usul YNTKTS

Menurut pengertian populer di Urban Dictionary, YNTKTS adalah singkatan dari kalimat legendaris yang diucapkan Jokowi. Maknanya: 'saya tidak tahu, kenapa kamu bertanya kepada saya'. Lalu kapan Jokowi pertama kali melontarkan kalimat tersebut? 

Menurut penelusuran VOI, ungkapan Jokowi tersebut pernah terucap saat ia masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, lebih tepatnya pada September 2013. Seperti dikutip detik, video itu direkam ketika Jokowi mendapat serbuan pertanyaan dari wartawan. Saat itu pula Jokowi disebut punya jurus baru untuk menghindar dari serbuan wartawan dengan pura-pura mengelabui pers. 

"Ya ndak tau, kok tanya saya. Eh sebentar, itu anunya," kata Jokowi sambil berlari ke dalam gedung. 

*Baca informasi tentang VIRAL atau tulisan menarik lainnya dari Ramdan Febrian.

BERNAS Lainnya