Nama Shia Labeouf Dihapus dari <i>For Your Consideration</i>, Apa Artinya?
Shia Labeouf (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Imbas perlakuan kasar dan pelecehan seksual aktor Shia Labeouf terhadap mantan kekasihnya, FKA Twigs membawa efek buruk kepada kariernya. Selasa, 22 Desember, Netflix resmi menghapus nama Labeouf dari jajaran For Your Consideration.

Shia Labeouf bermain dalam film Pieces of a Woman yang tayang di Netflix. Layanan streaming itu mencatut nama Labeouf ke dalam kategori Aktor Terbaik untuk perannya dalam film tersebut.

Pieces of a Woman mengisahkan pasangan Sean (Labeouf) dan Martha (Vanessa Kirby) yang sedang menyambut kelahiran anak pertama. Tetapi suatu hari, Martha mengalami keguguran.

Martha pun ingin menggugat perawat yang menangani proses persalinannya melalui jalur hukum. Di sisi lain, hubungan Martha dan Sean sedang renggang dan Martha mencoba memperbaikinya.

Terlepas dari aktingnya, nama Shia Labeouf tidak dapat dijauhkan dari kasus kekerasan yang merundung dirinya. FKA Twigs juga menggugat Labeouf dan diajukan ke Pengadilan Tinggi Los Angeles pada 10 Desember.

For Your Consideration

Kata For Your Consideration kerap bermunculan beberapa bulan sebelum pembacaan nominasi dan malam puncak acara penghargaan film maupun musik. Apa arti dari kalimat tersebut?

For Your Consideration memiliki arti Sebagai Bahan Pertimbangan. Kalimat ini digunakan dalam iklan publikasi secara daring dan fisik yang ditujukan para anggota grup pemungutan suara di industri hiburan seperti Academy Awards, Primetime Emmy Awards, dan Grammy Awards.

Poster For Your Consideration bisa dibuat sebagai billboard dan iklan majalah. Prosesnya terus mengalami perkembangan. Pada tahun 1990-an, rumah produksi mengirimkan DVD khusus kepada anggota untuk menyaksikan film atau mendengarkan konten.

Tetapi seiring berkembangnya teknologi, For Your Consideration mulai bergeser menjadi iklan daring dan billboard besar di Amerika Serikat. Melansir Filmotomy, poster For Your Consideration didesain untuk berkampanye kepada para anggota penghargaan.

Strategi Marketing Rumah Produksi

Poster For Your Consideration berisi foto dengan komentar positif dari kritikus atau media. Kalimat ini menggunakan ukuran font yang besar agar mudah diingat oleh pembaca.

For Your Consideration menjadi sebuah kebanggaan sekaligus cara rumah produksi melakukan marketing. Mereka tidak hanya mempromosikan nominasi utama tetapi nominasi seperti Kostum Terbaik, Penata Suara Terbaik, dan masih masih banyak lainnya.

“Ini adalah Hollywood, jadi kesombongan diperlukan,” kata Ira Kalb, seorang konsultan marketing di U.S.C kepada The New Yorker.

Poster For Your Consideration juga menjadi rasa terima kasih serta dukungan kepada seluruh pemain dan kru yang terlibat. Rumah produksi menyebarkan iklan secara masif sehingga iklan itu dapat dipertimbangkan oleh anggota tim voting dan mereka bisa memberikan hak pilih saat pemungutan suara nominasi dilakukan.

Acara penghargaan Academy Awards atau Oscar akan diselenggarakan pada 25 April 2021. Namun, rumah produksi mulai menyebarkan iklan For Your Consideration karena proses seleksi pertama akan dilakukan pada 9 Februari kemudian dilanjutkan seleksi menuju nominasi mulai 5 - 10 Maret 2021. Adapun pengumuman nominasi Oscar 2021 diumumkan pada 15 Maret 2021.

Netflix Buat Situs Khusus FYC

Sadar akan persaingan besar film di bawah streaming dengan rumah produksi major, Netflix mendirikan situs Netflix Awards FYC di mana seluruh calon nominasi dan informasi tersedia.

Netflix terlihat mulai mengunggah film-film jagoan mereka mulai dari film kartun Over the Moon hingga film Mank karya David Fincher. Beberapa film lainnya terlihat belum dirilis secara resmi, salah satunya Pieces of a Woman dari produser Martin Scorsese.

Pieces of a Woman mengajukan beberapa nama untuk masuk ke nominasi utama seperti Sutradara Terbaik, Naskah Adaptasi Terbaik, serta Penata Suara Terbaik dan masih banyak lainnya.

Lawan main Shia Labeouf, Vanessa Kirby juga diajukan masuk ke nominasi dalam kategori Aktris Terbaik. Netflix pun enggan memberi pernyataan mengapa mereka menghapus nama Shia Labeouf.

Tetapi dengan dihapusnya nama Labeouf, maka aktor itu tidak bisa masuk ke nominasi Aktor Terbaik dalam film Pieces of a Woman untuk ajang penghargaan film apapun.

Di sisi lain, Shia Labeouf mengonfirmasi gugatan FKA Twigs dan meminta maaf kepada seluruh pihak yang merasa tersakiti oleh Labeouf. Aktor itu mengaku belum sepenuhnya pulih dari rehabilitas dan proses pemulihan.