Ada Rindu di Balik <i>Prank</i> Instagram Gerai Subway
Gerai Subway (Instagram @subway)

Bagikan:

JAKARTA - Masyarakat Indonesia dihebohkan oleh munculnya akun Instagram bernama @subway_id pada 2 Desember kemarin. Kemunculan akun Instagram ritel makanan siap saji Subway tersebut dilengkapi dengan sebuah unggahan yang menandakan mereka akan kembali membuka cabang di Indonesia.

Kabar ini membuat heboh warganet, sehingga kata 'Subway' trending di media sosial. Namun, tidak berapa lama, akun tersebut meminta maaf karena subway_id bukan akun Subway yang asli.

“Saya membuat akunnya kemarin malam (2/12) di tengah kebosanan dan tidak pernah berpikir akan menjadi besar seperti ini,” tulis pemilik akun tersebut.

Ia juga berjanji akan menghapus akun Instagram tersebut dan memperingatkan masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan yang terjadi di internet.

Masyarakat kesal dengan keisengan tersebut. Mereka pun jadi curiga dengan akun Taco Bell, makanan cepat saji lainnya, yang dikabarkan sedang melakukan ekspansi ke Indonesia. Namun untungnya, Taco Bell sudah mengonfirmasi mereka akan hadir secara nyata di Indonesia.

Di sisi lain, tidak sedikit orang yang berharap trendingnya Subway ini dilirik akun gerai Subway yang asli sehingga mereka kembali membuat franchise di Indonesia. Ya, masyarakat rindu juga pada Subway.

"Apakah kalian membuka cabang di Indonesia? Jika iya, kami siap. Jika tidak, tolong pikirkan kembali," tulis seorang warganet seraya menyebut akun Subway AS.

Awal Mula Subway

Subway merupakan gerai makanan cepat saji asal Amerika Serikat. Nama Subway diambil dari submarine sandwich, roti berlapis-lapis yang berbentuk kapal selam. Hadir sejak tahun 1965, Subway memiliki 44.000 gerai di lebih dari 100 negara.

Awalnya, Fred DeLuca meminjam 1.000 dolar AS dari seorang teman bernama Peter Buck untuk memulai bisnis Pete's Super Submarines di Bridgeport. Namun pada tahun 1968, tokonya berganti nama menjadi Subway dan  digunakan hingga kini.

Banyak hal yang membuat makanan Subway populer, antara lain bentuk rotinya yang bervariasi dan pilihan topping yang bisa disesuaikan untuk para vegan. Selain itu, cara penyajian yang dilakukan di depan konsumen membuat makanan ini 'fresh from the oven'.

Gerai Subway pernah hadir di Indonesia pada tahun 1990-an. Saat itu mereka hadir di Mal Pondok Indah, Plaza Senayan, Mal Ciputra, dan Wisma 46. Namun, semua gerai itu ditutup pada tahun 2005.

Sesungguhnya, ada banyak gerai sandwich yang tersedia di Indonesia. Namun masyarakat masih berharap kehadiran Subway. Dengan perkembangan teknologi dan budaya populer, Subway semakin dinantikan di Tanah Air.

Subway dan Drama Korea

Drama Korea kerap memasang Subway sebagai bagian dari PPL (Product Placement), yakni pemasangan iklan dalam sebuah adegan. Adegan yang terjadi di gerai Subway merupakan adegan yang paling sering dilakukan dalam produksi drama Korea seperti Descendants of the Sun, Goblin, Signal, dan masih banyak lainnya.

PPL Subway pertama kali ditampilkan secara masif dalam drama Korea Prime Minister and I yang dirilis tahun 2013. Dalam drakor tersebut, Yoona SNSD terlihat mengunjungi dan berkumpul di restoran Subway berkali-kali sehingga penonton selalu teringat dengan gerai ini.

Subway merupakan bagian dalam sponsor drama Korea. Karena itu, produksinya akan selalu menampilkan satu atau dua adegan yang berlatar Subway. Penggunaan Subway dalam drakor membuat brand ini semakin dikenal.

Gerai makanan siap saji ini berhasil membangun brand awareness dengan menyelipkan produknya ke dalam jalan cerita drakor. Selain itu, makanan Subway selalu diasosiasikan dengan hal yang baik. Contohnya, ketika karakter A ingin mencari makanan yang mudah dikonsumsi, maka karakter B akan merekomendasi Subway.

Kemungkinan Kembali ke Indonesia

Lantas, dengan adanya prank seperti ini, apakah ada kemungkinan bagi Subway kembali ke Indonesia? Ternyata, keisengan yang dilakukan akun subway_id ini berbuah respons dari Subway Singapura.

Melalui Instagram Story-nya, Subway Singapura menulis, “Wow admin @subway_id, kalian mengalahkan kami. 16 ribu pengikut dalam semalam? Itu lebih “viral” dari yang kami harapkan.”

“Kita harus berkolaborasi ke depannya, sebagai gantinya kami akan memberikanmu 30 subs (sebutan untuk sandwich Subway) untuk konten ajaib/viral dan ketika kami membuka cabang di Indonesia nanti. Tunggu kami ya,” tulis admin Subway Singapura.

Subway Singapura
Story Subway Singapura (Instagram @subway.singapore)