<i>Million Seller</i>, Titel Prestisius di Industri K-pop
SEVENTEEN (Twitter @pledis_17)

Bagikan:

JAKARTA - Grup K-pop SEVENTEEN meraih titel double million seller pada Kamis, 12 November melalui album terbaru mereka, Semicolon. Untuk pertama kalinya, SEVENTEEN mendapat penjualan tertinggi sejak melakukan debut pada 2015.

Million seller adalah predikat yang diberikan kepada musisi solo atau grup yang meraih penjualan album lebih dari satu juta. Semakin banyak penjualan album mereka, maka titel million seller semakin berlipat ganda.

Tahun 2020 bisa disebut sebagai tahunnya SEVENTEEN. Tidak hanya berhasil menjual album dalam jumlah jutaan, SEVENTEEN juga aktif dalam sejumlah acara televisi dan panggung musik.

Titel million seller pertama kali diraih oleh solois Seo Taiji pada tahun 1998 melalui album Seo Taiji. Meskipun disebut sebagai album pertama Seo Taiji tetapi masyarakat menganggap ini adalah album kelima Seo Taiji and Boys setelah mereka memutuskan bubar.

Namun penjualan satu juta album hanya tercapai sampai album ketujuh Kim Gun Mo. Setelah itu tidak ada musisi atau grup yang meraih penjualan di atas satu juta. Sampai kutukan tersebut dipatahkan oleh grup asuhan SM Entertainment, EXO lewat album pertama mereka, XOXO pada tahun 2013. Untuk pertama kalinya sejak 12 tahun, ada grup K-pop yang meraih kembali satu juta penjualan.

Melansir Soompi, saat itu EXO meraih 1,007,577 keping penjualan album. Titel million seller untuk EXO terus berlanjut hingga mereka dijuluki quintuple million seller karena menjual jutaan kopi selama lima tahun berturut-turut.

Sedangkan untuk grup perempuan, BLACKPINK menjadi grup K-pop perempuan pertama yang meraih million seller melalui album pertama, THE ALBUM.

BLACKPINK (Instagram @blackpinkofficial)

Di tahun 2020, BTS menempati urutan pertama grup dengan penjualan album paling banyak di Korea Selatan. Konsisten merilis album setiap tahunnya, seri Map of the Soul yang dirilis dalam berbagai versi mencuri perhatian internasional sejak 2019.

Menyusul di urutan kedua ada SEVENTEEN meraih million seller dengan album Henggarae dan dilanjutkan dengan Semicolon. Menariknya, peraihan ini dilakukan dalam waktu dua hari perilisan album saja.

Di urutan ketiga, NCT menduduki million seller dengan proyek besar mereka, RESONANCE Pt. 1. Saat ini mereka sedang mempersiapkan RESONANCE Pt. 2 sebagai proyek kedua tahun ini.

Baekhyun EXO menjadi musisi K-pop keempat yang meraih million seller. Dengan album mini Delight, album ini terjual dalam satu juta keping dalam sebulan. Baekhyun menjadi solois terbaru yang meraih penjualan tinggi setelah Kim Gun Moo di tahun 2001.

Baekhyun (Instagram @weareone.exo)

Bagaimana cara mengetahui perhitungan million seller? Ada banyak toko musik yang ditunjuk untuk menjual album musisi tersebut. Kemudian agensi akan menghitung penjualan organik yang terhitung mulai dari pre-order hingga hari perilisan album.

Layanan streaming musik akan menunjukan hasil penjualan melalui situs resmi, salah satunya Gaon Chart. Jika Anda melihat situs resmi Gaon Chart, Anda bisa melihat tangga album yang berisi album yang dirilis beserta total penjualan.

Gaon Chart menghitung seluruh penjualan mulai dari versi CD, USB, KIT, LP, dan masih banyak lainnya. Saat ini, album NCT, RESONANCE Pt. 1 meraih 1,193,394 keping secara keseluruhan di bulan Oktober.

NCT 2020 (Twitter @NCTsmtown)

Tidak ada syarat khusus untuk musisi meraih titel million seller. Jika Anda memiliki penggemar die hard sekelas BTS maka membeli album bukanlah urusan sulit. Di sisi lain, banyak penggemar yang melakukan pendanaan (funding) agar bisa memberikan album kepada penggemar yang tidak bisa membeli album.

Selain itu, peran agensi dalam penjualan album juga terhitung besar. Mereka akan mengadakan sesi fansign di mana penggemar diharuskan membeli album agar mendapat tiket undian. Sebaliknya, penggemar akan berlomba-lomba memborong album agar dapat mengikuti fansign tersebut.

Popularitas musik K-pop di kancah internasional memang tidak dimanipulasi. Karenanya, jangan terkejut jika nantinya akan ada grup-grup lainnya yang menyusul SEVENTEEN meraih million seller. Hanya saja, peran penggemar yang besar dan agensi yang suportif sangat dibutuhkan bagi kesuksesan sebuah grup.