Jawa Juga Punya Naga: Mengkritisi Penggiringan Opini Patung di Yogya International Airport
Visualisasi Naga Jawa lukisan karya Ernesto Da Luthero (Twitter/@ernestodaluthero)

Bagikan:

JAKARTA - Keberadaan patung naga di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipertanyakan olehMustofa Nahrawardaya. Pertanyaan Mustofa dipertanyakan balik oleh warganet. Politikus Partai Ummat itu dianggap melakukan penggiringan opini yang mengarah pada sentimen terhadap etnis tertentu. Padahal Nusantara, utamanya Jawa juga punya naga dalam sejarah dan mitologinya.

"Pemandangan baru di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) hari ini, Kamis (30/12/2021). Masih gresss ... Patung naga raksasa di pintu keluar bandara. Kenapa bukan Patung Garuda atau Patung Pahlawan yang dipasang di sini? Ada temen di Yogyakarta tahu?" tulis Mustofa di akun Twitternya, @TofaTofa_id.

Kicauan Mustofa ditanggapi kritis banyak orang. Akun @mazzini_gsp, misalnya, yang menulis: Ketebak bener isi otak Topa. Dia mau cari bahan provokasi kalau naga biasanya identik sama satu etnis enggak melambangkan Jawa. Padahal Jawa juga punya naga. Sebagai penanda dihuninya keraton Yogyakarta dan penanda renovasi. Orang Yogyakarta ya tau, mana bisa digiring sentimen etnis.