Hari Ini Diperiksa, Rachel Vennya Bakal Datang Lebih Cepat Lagi?
Selebgram Rachel Vennya diperiksa Polda Metro Jaya (Fianda Sjofjan Rassat/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Selebgram Rachel Vennya kembali dijadwalkan menjalani pemeriksaan terkait aksi kabur dari Wisma Atlet Pademangan. Pemeriksaan itupun akan berlangsung di Polda Metro Jaya.

Jadwal pemeriksaan Rachel Vennya disampaikan Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat. Dia menyebut pemeriksaan berlangsung pada 1 November 2021.

"(Rachel Diperiksa) Minggu depan (Hari ini, Red)," ujar Tubagus saat dikonfirmasi, Kamis, 28 Oktober.

Pemeriksaan ini pun untuk mendapatkan keterangan lebih jauh dari selebgram itu. Sebab, kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Wabah Penyakit dan Kekarantinaan Kesehatan ini telah dinaikan statusnya ke penyidikan.

Hanya saja, untuk status terhadap Rachel Vennya sampai saat ini masih sebagai saksi. Namun, tak menutup kemungkinan dalam perkembangan kasus bakal ditingkatkan statusnya sebagai tersangka.

"Masih saksi," singkat Tubagus.

Datang Lebih Cepat

Terlepas dari jadwal pemeriksaan, banyak kabar beredar menyebut jika Rachel bakal menggunakan skema yang sama. Maksudnya, Rachel Vennya akan datang lebih dulu dari waktu yang telah dijadwalkan.

Sedianya, pemeriksaan Rachel Vennya hari ini telah dijadwalkan sekitar pukul 10.00 WIB.

Cara datang lebih awal telah dilakukan Rachel Vennya saat memenuhi panggilan pemeriksaan terkait pelat nomor RFS di Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya pada Selasa, 26 Oktober.

Saat itu, dia datang pukul 07.00 WIB atau lebih cepat dari jadwal. Diduga, cara itu dilakukan untuk menghindari wartawan yang menyorot kasus tersebut. Terlebih, aksi kabur dari lokasi karantina itu telah menjadi sorotan Satgas COVID-19, TNI, Polri hingga masyarakat luas.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono yang saat itu dikonfirmasi perihal kedatangan Rachel Vennya pun sealur dengan dugaan itu. Hanya saja, dia tak mengetahui pasti alasan sebenarnya selebgram itu datang lebih cepat.

"Sudah sudah. Datangnya pagi-pagi mungkin menghindari (media)," kata Argo.

Dalam pemeriksaan itu, Rachel Vennya dicecar sekitar 15 pertanyaan. Pemeriksaan pun berlangsung hingga pukul 09.00 WIB.

"Sudah diminta keterangan selama 2 jam sekitar 15 materi pertanyaan," tandas Argo.

Dengan cara itulah, Rachel bisa menyelesaikan pemeriksaan lebih cepat. Padahal, jadwal pemeriksaan sebenarnya di mulai pada pukul 10.00 WIB.

Rachel Vennya diketahui kabur saat menjalani karantina di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet usai berlibur dari Amerika Serikat.

Kodam Jaya selaku Komando Satuan Tugas Gabungan Terpadu COVID-19 melimpahkan kasus kaburnya Rachel Vennya kepada Kepolisian.

Dalam proses investigasi oleh Kodam Jaya menemukan adanya keterlibatan dua oknum anggota TNI yang bertugas di Satgas Pengamanan Bandara Soekarno Hatta Tangerang dan Wisma Atlet Pademangan. Mereka diduga mengatur agar selebgram Rachel Vennya lolos dari karantina.