Satu Orang Positif COVID-19, Seluruh Anggota DPRD DKI akan Tes Swab
Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi (Foto: Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi menyebut seluruh Anggota DPRD DKI dijadwalkan akan menjalani tes swab untuk menguji spesimen COVID-19. Hal ini merupakan buntut dari satu orang Anggota DPRD yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Prasetio menyebut, penjadwalan pemeriksaan COVID-19 para anggota parlemen Kebon Sirih ini sedang disusun oleh Sekretariat DPRD. Nantinya, mereka menjalani pemeriksaan tiap fraksi partai.

"Nanti, per fraksi akan tes swab, termasuk saya. Sebab,  belakangan ini banyak aktivitas di kantor (DPRD)," ucap Prasetio saat dihubungi, Selasa, 28 Juli.

Prasetio bilang, selain anggota dewan, ada juga staf sekretariat DPRD dan penyedia jasa lainnya perorangan (PJLP) yang terinfeksi COVID-19."Mereka sekarang sudah diisolasi di rumah sakit," ucap dia.

Meski begitu, Prasetio tidak menyebutkan siapa anggota parlemen Kebon Sirih yang terkonfirmasi positif COVID-19. Prasetio bilang, mereka menjalani tes swab secara mandiri dan hasilnya dinyatakan positif.

"Sepertinya dia terpapar di luar. Mereka kan ketemu banyak masyarakat juga," ucap Prasetio.

Akibat kasus ini, Gedung DPRD ditutup sementara selama lima hari, terhitung mulai Rabu, 29 Juli sampai dengan hari Minggu, 2 Agustus.

Terhadap kegiatan kerja dan aktivitas DPRD DKI, akan kembali dimulai pada hari Senin, 3 Agustus 2020. Sementara, kegiatan yang sudah terjadwal akan dijadwalkan kembali melalui rapat Badan Musyawarah DPRD DKI.

Selama ditutup, Prasetio bilang Gedung DPRD akan dilakukan penyemprotan disinfektan. Hal ini dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Kantor ditutup sementara sampai Senin. Mau disemprotkan disinfektan," tutur Prasetio.