Sukses Jalani Uji Coba, Rusia akan Kembangkan Kemampuan Robot Keamanan Marker
Robot Marker Rusia saat menjalani uji coba patroli keamanan. (Sumber: Russian Advanced Research Fund press service via TASS)

Bagikan:

JAKARTA - Robot Marker telah menyelesaikan percobaan untuk berpatroli di pelabuhan antariksa Vostochny di Timur Jauh Rusia, kantor pers Russia’s Advanced Research Fund mengatakan kepada TASS pada Hari Kamis.

Modul visi memungkinkan robot untuk bergerak sepenuhnya secara mandiri di sepanjang rute patroli, yang ditentukan.

Eksperimen untuk mengintegrasikan robot Marker ke dalam sistem keamanan pelabuhan antariksa Vostochny dimulai pada 8 Oktober. Eksperimen tersebut melibatkan platform robot Marker beroda yang dilengkapi dengan modul optoelektronik multiguna. Kendaraan robotik itu mengendalikan keadaan saluran listrik dan utilitas pelabuhan antariksa, memantau integritas perimeter kompleks.

"Robot bergerak di sepanjang rute yang ditentukan dalam mode otonom sepenuhnya, karena sistem penglihatan mesinnya yang cerdas. Marker secara otomatis melewati rintangan yang muncul di jalannya," terang lembaga tersebut, seperti dikutip 21 Oktober.

Kendaraan robot itu dilengkapi dengan sistem propulsi hibrida yang memungkinkan operasi otonomnya hingga tiga hari, tambahnya.

robot marker
Robot Marker Rusia. (Sumber: Russian Advanced Research Fund press service via TASS)

Rusia akan menggunakan platform robot canggih Marker untuk mengembangkan robot canggih untuk perlindungan fasilitas vital negara, Kepala Proyek di Pusat Pengembangan Teknologi dan Robotika Nasional dari Russia’s Advanced Research Fund Arkady Petrosov.

"Hasil yang dicapai selama percobaan meletakkan dasar untuk menciptakan kendaraan robot canggih yang mampu memberikan keamanan untuk fasilitas vital negara," terang Petrosov.

Platform robot eksperimental Marker menawarkan kemampuan terbaik di Rusia untuk gerakan otonom di lingkungan yang tidak diketahui dan identifikasi objek berdasarkan teknologi kecerdasan buatan.

Teknologi tersebut telah dikembangkan oleh tim peneliti tingkat lanjut dari State R&D Institute of Aviation Systems, Southern Federal University dan Scientific Design Bureau of Computing Systems, jelasnya.

Untuk diketahui, Platform robot eksperimental Marker telah dikembangkan sebagai bagian dari proyek bersama Advanced Research Fund dan Android Technics Research and Production Association yang dimulai pada tahun 2018. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengadakan pengujian skala besar robotika darat dan elemen dasar robot.