Lakukan 255 Variasi Latihan di <i>Gymnastic Bar</i> Selama Tiga Jam, Perwira Militer Rusia Cetak Rekor Guinness World
Ilustrasi. (Unsplash/Edgar Chaparro)

Bagikan:

JAKARTA - Tentara Rusia kembali menorehkan nama harum di kancah internasional, dengan kembali memecahkan rekor dunia dan masuk dalam catatan Guinness World Record Book.

Terbaru, Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan pada Senin pekan ini, Kapten Angkatan Bersenjata Denis Yakovlev memecahkan rekor baru dalam latihan kekuatan kompleks dengan menggunakan bar senam.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, Yakovlev melakukan total 255 variasi latihan sekaligus, menghabiskan hampir tiga jam di bar.

"Rekor itu didaftarkan oleh perwakilan resmi dari Buku Rekor Dunia Guinness di Rusia, Pemimpin Redaksi Alexey Svistunov," ujar kementerian mengutip TASS 12 Oktober.

Latihan kekuatan yang kompleks dimulai dengan seorang tergantung di sebuah bar. Siklus latihan termasuk pull up, muscle-up, hingga leg raise and a somersault. Latihan harus dilakukan sebanyak mungkin tanpa meninggalkan bar. Waktu untuk latihan tidak dibatasi.

Sebelumnya, tahun lalu tentara Rusia juga berhasil memecahkan rekor dunia, menjadi yang tercepat dalam menaklukan gunung tertinggi di Eropa, Gunung Elbrus dengan ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut, hanya dalam kisaran waktu tiga jam.

Tak hanya satu, tapi dua tentara Rusia sekaligus yang memecahkan rekor dalam gelaran Army Games 2020 lalu, yakni Yevgeny Makarov yang membukukan waktu 3 jam 12 menit dan Vitaly Shkel dengan 3 jam 14 menit.

Kedua atlet Rusia tersebut memecahkan rekor sebelumnya dari atlet Polandia Andrzej Bargiel, yang mencatat rekor lintasan panjang baru 3 jam, 23 menit yang dibukukan pada Agustus 2010 lalu.

"Kami telah mencatat rekor waktu baru untuk mendaki Gunung Elbrus," ujar Yevgeny Molchanov, yang mengepalai Red Fox Elbrus Race.

Sementara, rekor dunia untuk mendaki dan menuruni Gunung Elbrus saat ini dipegang oleh pendaki gunung Swiss-Ekuador Karl Egloff, yang mampu mendaki dan kemudian menuruni gunung tersebut dalam waktu 4 jam 20 menit dan 45 detik pada 7 Mei 2017 lalu.