HUT TNI ke-76, DPR Soroti Jaminan Kesejahteraan Prajurit
Ilustrasi- Warga antusias berfoto bersama TNI dalam pameran alutsista di Medan Merdeka (Rizky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari menyoroti kesejahteraan prajurit pada perayaan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76 pada hari ini, Selasa, 5 Oktober.

Menurutnya, jaminan kesejahteraan prajurit menjadi bagian penting untuk terus ditingkatkan. Ia menilai perlu ada sinergi dan keseimbangan antara profesionalisme serta kesejahteraan, seperti halnya dua sisi dari mata uang. Terlebih, kehadiran TNI benar-benar dirasakan langsung oleh rakyat Indonesia. 

“Sulit menuju kemenangan kalau TNI yang profesional diabaikan aspek kesejahteraannya. Karena itu DPR terus berupa agar jaminan pelayanan kesehatan bagi prajurit TNI dan anggota keluarganya juga diperhatikan," ujar Kharis kepada wartawan, Selasa, 5 Oktober.

Ia menilai, HUT TNI ke-76 ini adalah masa yang tepat untuk Indonesia, bersatu, berjuang bersama rakyat, bangkit dari keterpurukan pandemi COVID-19, dan memenangkan segala ancaman dari luar terhadap kedaulatan NKRI.

Termasuk juga TNI saling bahu-membahu dalam kerangka profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan semangat yang terkandung dalam Undang Undang (UU) Nomor 34/2004 tentang TNI.

"Tema peringatan HUT ke-76 TNI tahun 2021 ini adalah “Bersatu, Berjuang Kita Pasti Menang!" ini momentum untuk kita bersama melawan pandemi COVID-19 dan menjaga kedaulatan NKRI," kata Kharis.

Politikus senior PKS ini mengapresiasi kesungguhan dan keseriusan sinergi TNI dengan berbagai elemen bangsa. Salah satunya, upaya TNI dalam membantu pemerintah dan rakyat, untuk memutus rantai pandemi COVID-19 di tanah air.

"TNI bersama Polri, ASN, tenaga kesehatan, menjadi garda terdepan menjaga, mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan bahkan ratusan rumah sakit militer, ribuan tenaga medis militer juga diterjunkan. Inilah yang dimaksud manunggal TNI bersama rakyat," tutur Kharis.

"Terakhir, saya mengucapkan Dirgahayu ke-76 TNI. Kami dan rakyat Indonesia mendoakan agar TNI menjadi semakin profesional, tangguh, dan  kita semua bisa melewati dan melalui dengan selamat pandemi ini. Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang,” demikian Kharis.