HUT ke-76 TNI, Jokowi: Keberhasilan Tangani Pandemi Tak Terlepas dari Peran TNI
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan HUT ke-76 TNI di Istana Merdeka. Upacara ini dilaksanakan secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan lengkap.

Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengatakan rakyat dan negara memberikan penghargaan setinggi-tingginya pada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa. Tak hanya itu, ia menyebut TNI selama ini selalu menunjukkan profesionalismenya dalam tiap penugasan yang diberikan.

"Kemampuan perorangan, kemampuan satuan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan," kata Jokowi dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 5 Oktober.

Atas alasan inilah, Jokowi kemudian mengatakan keberhasilan Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19 tak lepas dari peran serta TNI.

"Keberhasilan kita dalam menangani pandemi COVID-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI," tegasnya.


Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan bayang-bayang pandemi COVID-19 masih menyelimuti Tanah Air. "Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus COVID-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut, perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental, dan semangat juang," tegasnya.

Sehingga diperlukan kewaspadaan, kecepatan, hingga pemanfaatan teknologi untuk berperang melawan virus tersebut.

Berdasarkan tayangan YouTube Sekretariat Presiden, upacara dilaksanakan di halaman Istana Merdeka. Dalam acara tersebut hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, hingga KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Acara tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Selanjutnya, perwakilan prajurit membacakan Sapta Marga di depan Presiden Jokowi.