HUT ke-76 TNI, Mahfud MD: Tetaplah Jadi Prajurit yang Rendah Hati
Mahfud MD/Antara

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berharap prajurit TNI terus profesional, disiplin, militan, dan rendah hati. Pernyataan ini disampaikan dalam menyambut HUT ke-76 TNI yang diperingati pada hari ini, Selasa, 5 Oktober.

"Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia tetaplah menjadi prajurit yang profesional, disiplin, militan, dan rendah hati," kata Mahfud dalam keterangan videonya.

Dia mengatakan selama ini TNI telah mengawal pertahanan negara dengan kesetiaan penuh pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Tak hanya itu, prajurit TNI juga berjuang untuk kemakmuran negeri dan kesejahteraan rakyat sesuai sapta marga dan sumpah prajurit. Termasuk membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19.

Sehingga, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini berharap para prajurit terus melakukan kerjanya, terutama dalam penanganan pandemi.

"Teruskanlah kontribusi TNI di dalam menangani pandemi COVID-19," tegas Mahfud.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan rakyat dan negara memberikan penghargaan setinggi-tingginya pada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa. Tak hanya itu, ia menyebut TNI selama ini selalu menunjukkan profesionalismenya dalam tiap penugasan yang diberikan.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin upacara peringatan HUT TNI ke-76 di Istana Merdeka, Jakarta.

"Kemampuan perorangan, kemampuan satuan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi termasuk alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan," kata Jokowi dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 5 Oktober.

Atas alasan inilah, Jokowi kemudian mengatakan keberhasilan Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19 tak lepas dari peran serta TNI.

"Keberhasilan kita dalam menangani pandemi COVID-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI," tegasnya.