Pengamat: Duet Airlangga-Ganjar akan Layu Sebelum Berkembang
Airlangga Hartarto/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Relawan Poros Widya Chandra (Wichan) akan mendeklarasikan pasangan Airlangga Hartarto dan Ganjar Pranowo untuk maju pada Pilpres 2024.

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga menilai, duet Airlangga-Ganjar memang potensial untuk diusung pada Pilpres 2024. Sebab, Airlangga punya perahu Partai Golkar yang memiliki kursi terbanyak kedua di Senayan.

"Partai Golkar di atas kertas cukup mengajak satu partai menengah untuk dapat mengusung duet Airlangga-Ganjar," ujar Jamiluddin di Jakarta, Senin, 4 Oktober.

Dilain pihak, lanjutnya, Ganjar dengan elektabilitas relatif tinggi dapat menjadi pundi-pundi suara. Setidaknya, kata Jamil, Ganjar dapat menutupi jebloknya elektabilitas Airlangga.

"Masalahnya, duet ini memang tak sebanding dalam elektabilitas. Ganjar kemungkinan elektabilitasnya masih bisa dikerek, sementara Airlangga tampaknya sudah mentok," katanya.

Menurutnya, Airlangga dengan posisi Ketua Umum Golkar dan menjabat menteri seharusnya punya elektabilitas yang relatif tinggi. Tapi realitasnya, hasil survei dari lembaga survei yang kredibel, elektabilitas Airlangga sangat rendah.

Ini artinya, kata Jamil, nilai jual Airlangga memang rendah. Sehingga, meskipun dikampanyekan secara intens, elektabilitas Airlangga tampaknya tidak akan naik signifikan.

Ganjar Pranowo/Antara

"Karena itu, duet Airlangga-Ganjar akan sulit dilirik partai lain. Sebab, peluang untuk menang akan kecil pada Pilpres 2024," terangnya.

Jamiluddin menilai, partai politik tentu akan mengusung pasangan yang berpeluang menang. Sementara, kata dia, duet Airlangga-Ganjar di atas kertas tampaknya tidak memenuhi hal itu.

"Jadi, duet Airlangga-Ganjar tampak akan sulit mendapat perahu, selain Golkar. Karena itu, ada kemungkinan duet ini akan layu sebelum berkembang," kata Jamiluddin Ritonga.

Sebelumnya, Relawan Poros Widya Chandra (Wichan) untuk Airlangga Hartarto-Gandjar Pranowo (GAGA) segera mendeklarasikan pasangan ini. Wichan menganggap pasangan tersebut dapat membawa Indonesia kearah yang lebih baik.

Airlangga Hartarto adalah Ketua Umum DPP Partai Golkar yang juga Menko Bidang Perekonomian, sedangkan Ganjar Pranowo, Pengurus DPP PDIP, Gubernur Jawa Tengah dua periode.

"Duet ini menurut kami (Relawan Poros Wichan) adalah pasangan terbaik, yang mampu memimpin Indonesia maju. Kami optimis dipilih oleh masyarakat luas," kata Wakil Ketua Relawan Wichan GAGA for Indonesia Azis Umar dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu, 3 Oktober.