<i>Positioning</i> Anggota KIB Sebatas Cawapres 2024 Dinilai Jadi Alasan PAN-PPP Kompak Lirik Ganjar-Erick
Rakornas PAN dihadiri Ganjar Pranowo dan Presiden Jokowi di Hotel Padma Semarang, Jateng Minggu 26 Februari. (Ist)

Bagikan:

JAKARTA - PAN dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyatakan terbuka terhadap duet Ganjar Pranowo-Erick Thohir dalam Pilpres 2024. Namun, sikap berbeda ditunjukkan oleh Partai Golkar.

Golkar tetap kekeh mendukung dan bakal mengajukan Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto, ke KIB untuk didorong jadi Capres 2024. Menurut pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago, perbedaan sikap tiga partai anggota KIB itu lantaran masih belum ada kesepakatan terkait kandidat capres dan cawapres.

"Saya melihat, KIB sejauh ini tidak punya lem perekat koalisi. Lem perekat koalisi itu adalah kandidasi, sementara sejauh ini KIB belum mendeklarasikan capres dan cawapres dari 3 parpol, baik Golkar, PPP maupun PAN," ujar Pangi di Jakarta, Senin, 27 Februari.

Direktur Eksekutif Voxpol Research and Consulting itu menambahkan, PPP, PAN dan Golkar saat ini masih mencari sosok capres-cawapres yang tepat untuk KIB sehingga belum bisa satu suara.

Oleh karena itu, lanjut Pangi, soal capres-cawapres dari partai anggota KIB mengarah ke banyak nama. Bahkan, para ketua umum yang mengincar tiket pilpres juga masih sebatas peluang cawapres.

"Sejauh ini belum ada capres-cawapres potensial dari kader KIB, positioning [kader partai anggota KIB] mereka baru cawapres. Tentu partai di koalisi KIB juga melihat potensi dan kans menang,” jelas Pangi.

Terkait Golkar, Pangi menegaskan partai pohon beringin itu dipastikan akan tetap bersikukuh mengusung Airlangga sebagai Capres 2024.

Sedangkan PAN mengendorse Ganjar Pranowo-Erick Thohir kemudian disambut PPP, atas dasar duet itu dirasa memiliki kans besar dalam Pilpres 2024. “Itu bagian dari strategi, mendukung yang kira-kira pasangan capres-cawapres yang bakal menang," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasana alias Zulhas secara terbuka mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir sebagai pasangan Capres-Cawapres 2024.

Dukungan itu disampaikan Zulhas di depan Presiden Joko Widodo (Widodo) dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 26 Februari.

Tak disangka, dukungan PAN terhadap duet Ganjar-Erick disambut PPP yang merupakan rekan koalisi PAN di KIB. PPP bahkan menyebut kedua nama tersebut masuk dalam radar partainya.

Berbeda dengan PPP, Golkar justru menegaskan tetap mengusung Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024 dan bakal mengajukannya ke KIB. Meski begitu, Golkar tidak mau mengintervensi keputusan partai anggota KIB lainnya terkait pencapresan.