PAN Dukung Ganjar-Erick di 2024, PPP Menimbang Internal, Kalau KIB Tunggu Keputusan Resmi
Wakil Ketua Badan Legislasi DPR Achmad Baidowi. (Mery H-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PPP menanggapi pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang secara terbuka mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) 2024.

Dukungan itu disampaikan Zulhas dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) PAN di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 26 Februari.

Sebagai mitra di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), PPP memandang dukungan Zulhas terhadap pasangan Ganjar-Erick adalah hal yang wajar. Sebab, parpol yang tergabung di KIB juga belum menentukan nama capres dan cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang.

"Sebagai sebuah aspirasi yang disampaikan oleh PAN sah-sah saja. Barangkali ada kemungkinan kesamaan dengan koalisi yang lainnya," ujar Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, Senin, 27 Februari.

Pria yang akrab disapa Awiek itu pun mengungkapkan, kedua nama tersebut juga kerap muncul di internal PPP. PPP, kata dia, juga mempertimbangkan nama Ganjar dan Erick untuk nantinya diputuskan sesuai mekanisme partai.

"Khusus nama Pak Erick Thohir memang PPP juga dalam beberapa kesempatan menghadirkan Pak Erick Thohir untuk menyapa kader PPP. Ada semacam kedekatan emosional," ungkap Awiek.

"(Kalau) Pak Ganjar kan juga disebut di internal PPP dan di beberapa DPW, nanti kita padukan. Tentu selain itu, ada tokoh-tokoh lain, juga akan kita padukan dan putuskan sesuai mekanisme internal," tambahnya.

Kendati demikian, Awiek menegaskan, bahwa keputusan akhir terkait capres dan cawapres 2024 akan ditetapkan secara bersama oleh parpol di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Nantinya, PPP, PAN dan Golkar akan berembuk memutuskan secara resmi siapa yang akan diusung sesuai mekanisme di internal koalisi.

"Tapi tentu nanti keputusan resminya nunggu mekanisme internal kami," kata Awiek.

Sebelumnya, Ketum PAN Zulkifli Hasan meng-endorse Ganjar Pranowo di hadapan Presiden Jokowi dalam Rakornas Pemenangan Pemilu PAN di Semarang.

Awalnya, Zulhas yang memberikan sambutan pembukaan menyapa Jokowi di acara tersebut. Zulhas kemudian menyapa Erick Thohir yang dianggapnya sebagai kader PAN.

Setelah itu, Zulhas pun menyapa Ganjar yang turut hadir. Dalam sapaannya, Zulhas menyebut Ganjar memiliki kriteria pemimpin yang memikirkan rakyat sebagaimana disampaikan Jokowi beberapa waktu lalu.

“Gubernur Jateng, Mas Ganjar Pranowo. Kelihatan, Pak, rambutnya tambah putih, Pak. Kening mulai berkerut, Pak,” kata Zulhas kepada Jokowi di Hotel Padma, Kota Semarang, Jateng, Minggu 26 Februari.

Zulhas melanjutkan, rambut putih dan kerutan di kening Ganjar adalah kondisi fisik alami alias tidak dibuat-buat. Zulhas kembali menekankan, ciri-ciri fisik tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan Jokowi tentang kriteria pemimpin yang memikirkan rakyat.

“Itu tidak dibuat-buat pak, alami. Sebagaimana tanda-tanda dari Pak Presiden,” kata Zulhas.

Jokowi dan Ganjar hanya tersenyum tipis saat Zulhas menyampaikan hal tersebut. Zulhas kemudian melanjutkan sambutannya terkait identitas PAN yang menghargai keberagaman dan kemanusiaan.

Di ujung sambutan, Zulhas kembali mengisyaratkan dukungannya kepada Ganjar dalam sebuah pantun. Kali ini, Menteri Perdagangan itu juga menyebut nama Erick Thohir.

“Jalan-jalan ke Simpang Lima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, insya Allah Indonesia tambah jaya,” kata Zulhas.