Survei LSI: AHY Pimpin Klasemen Cawapres Kalahkan Puan Hingga Ridwan Kamil
Ketum NasDem Surya Paloh bersama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (Nailin-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Survei Independen (LSI) merilis hasil survei terkini terkait sosok potensial calon wakil presiden (cawapres) 2024. Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menempati posisi teratas diikuti Puan Maharani dan Erick Thohir.

"Tiga tokoh muda itu berhasil menempati posisi teratas survei elektabilitas cawapres," kata Direktur Riset LSI Fathur Rahman dalam keterangan tertulis, Jumat 24 Februari, disitat Antara.

Fathur menjelaskan, Ketua Umum Partai Demokrat AHY di posisi pertama dengan persentase 27,2 persen, Ketua DPR Puan Maharani 19,4 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir di posisi ketiga dengan 9,7 persen.

Selanjutnya, kata dia, Sandiaga Uno 6,5 persen, Ridwan Kamil 4,6 persen, Airlangga Hartarto 3,9 persen, Muhaimin Iskandar 2,8 persen, Gatot Nurmantyo 1,6 persen, Khofifah Indar Parawansa 0,8 persen, Andika Perkasa 0,4 persen, dan belum menentukan pilihan 23,1 persen.

Fathur menuturkan, cawapres menjadi faktor yang sangat disoroti dalam pemilihan umum karena mereka memiliki peran yang penting dalam membantu presiden.

"Berbeda dengan calon presiden, yang dalam survei tidak menunjukkan adanya nama-nama baru. Akan tetapi, cawapres terdapat sejumlah tokoh muda yang memiliki kompetensi mumpuni untuk membantu kerja-kerja presiden nantinya," kata dia.

Pelaksanaan survei LSI mulai 11 hingga 23 Februari 2023 dengan sampel dari 34 provinsi di Indonesia untuk mereka yang memiliki hak pilih dalam pemilihan umum.

Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.