Usai Tinjau Latihan Perang, Mahfud MD Optimis TNI Bisa Jaga NKRI
Menko Polhukam Mahfud MD (ANTARA)

Bagikan:

SITUBONDO - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD optimistis TNI dapat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan baik.

"Saya sangat optimistis negara ini dapat dijaga dengan baik manakala semangat seluruh prajurit TNI sama dengan yang ditunjukkan dalam latihan gabungan ini," kata Mahfud MD usai meninjau Latihan Gabungan TNI Dharma Yudha 2023 di Menara Pantau Pantai Banongan, Pusat Latihan Pertempuran Marinir 5 Baluran Situbondo, Jawa Timur, Selasa 1 Agustus.

Mahfud juga meminta semua pihak memiliki semangat yang sama untuk menjaga NKRI.

Mewakili Presiden Joko Widodo, Mahfud merasa bersyukur dapat hadir melihat secara langsung Latgab TNI tiga matra itu sejak Senin 31 Juli bersama dengan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan tiga kepala staf matra TNI.

"Saya merasa sangat bangga melihat sendiri dan sangat terkesan di hati saya betapa prajurit TNI di bawah bimbingan dan kepemimpinan pejabat tingginya telah menunjukkan sikap profesional, kapabilitas dan semangat untuk menjaga NKRI," ucapnya.

Mahfud bersama Yudo Margono meninjau langsung puncak Latihan Gabungan Dharma Yudha 2023 dari menara pantau Pantai Banongan, Situbondo.

Puncak latihan gabungan tiga matra itu dimulai pada pukul 05.30 WIB, dengan tank amfibi mendarat di Pantai Banongan menuju ke pendaratan amfibi untuk merebut sasaran pantai.

Setelah prajurit gabungan berhasil menguasai pantai, bantuan tembakan pun dilakukan oleh Kapal Republik Indonesia (KRI) Radjiman Wedyodiningrat 992 untuk membuka jalan bagi pasukan menuju sasaran selanjutnya, yaitu menghancurkan induk pasukan musuh