Puan Ingatkan Prajurit TNI Jaga Integritas di Tahun Politik
Foto via Twitter/X TNI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan prajurit TNI terus menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme, khususnya di tahun politik ini.

Dalam HUT ke-78 TNI ini, Puan berpesan agar TNI ikut menyukseskan Pemilu 2024 dengan tetap menjunjung tinggi netralitas. Ia berharap, seluruh anggota TNI bisa ikut bahu membahu dalam mengawal pesta demokrasi.

"Sebagai pilar pertahanan dan keamanan negara, TNI harus bisa menjaga integritas dan profesionalime agar tetap netral dan tidak terlibat politik praktis," ucap Puan saat menghadiri peringatan HUT ke-78 TNI di Monas, Kamis 5 Oktober.

Pelaksanaan Pemilu 2024 akan menjadi salah satu faktor untuk mempercepat langkah bangsa mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045. Puan pun meminta agar Pimpinan TNI dapat menjadi teladan kepada seluruh personelnya untuk mengedepankan profesionalitas dan integritas prajurit.

"Pimpinan TNI harus bisa menjaga kesolidan agar tidak ada satupun anggotanya yang ikut terlibat dalam politik praktis. Baik secara langsung ataupun tidak langsung," ungkapnya.

Lebih lanjut, Puan mengapresiasi upaya TNI yang telah berjuang dengan tekun dan gigih untuk memastikan bangsa Indonesia dapat hidup dalam kedamaian dan kemerdekaan. Sebagai pelindung dan penjaga kedaulatan negara, TNI disebut telah terpatri di hati segenap rakyat Indonesia.

"Kepedulian TNI terhadap keamanan negara dan kesejahteraan rakyatnya adalah nilai yang sangat kita hargai. Tri Dharma Eka Karma," ujar Puan.

Bagi Puan, TNI memiliki tanggung jawab besar untuk memperkuat dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Puan meyakini TNI akan menjalankan tugas serta mengemban amanah dengan penuh dedikasi.

"TNI telah menjadi kebanggaan dan benteng pertahanan Indonesia. Saya yakin bahwa TNI akan terus menjadi organisasi yang semakin profesional, semakin bersinergi dengan institusi lainnya untuk kepentingan negeri, dan semakin dekat dengan hati rakyat Indonesia," tutur Puan.

Di sisi lain, Puan menilai prajurit TNI terus membuktikan telah menjadi tentara rakyat yang sesungguhnya dengan turun langsung membantu masyarakat. Baik yang ada di perkotaan maupun di pedesaan.

"Kehadiran TNI adalah jaminan bahwa Indonesia akan terus memperjuangkan kesatuan dan kedamaian. TNI juga memiliki peran dalam memastikan kesejahteraan rakyat. Saya berharap bahwa TNI akan terus memperkuat, memperbesar, dan menyatukan NKRI dengan sebaik-baiknya," ungkap Puan.