Hadiri Pembukaan PON XX Papua, Jokowi Gunakan Jaket Bercorak Merah Putih
Presiden Jokowi menghadiri pembukaan PON (Foto: tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua pada Sabtu, 2 Oktober.

Dalam tayangan langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi tampak menggunakan jaket berwarna merah putih bercorak lengkap dengan tulisan PON XX Papua. Dia juga tampak menggunakan masker berwarna cokelat.

Saat tiba di lokasi upacara pembukaan gelaran olahraga itu, eks Gubernur DKI Jakarta itu tampak melambaikan tangan. Sejumlah pejabat juga tampak hadir dalam acara tersebut di antaranya Ketua DPR RI Puan Maharani, serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Pejabat yang hadir juga tampak menggunakan jaket yang sama dengan Presiden Jokowi lengkap dengan maskernya.

Kegiatan pembukaan PON XX Papua ini juga tampak dihadiri penonton. Hanya saja, stadion tidak penuh mengingat terdapat pembatasan dan jarak antar satu orang dengan yang lain diatur sedemikian rupa akibat pandemi COVID-19.

Acara ini kemudian menampilkan tari-tarian dan nyanyian dari sejumlah artis seperti Edo Kondologit, Michael Jakarimilena, dan Nowela Elizabeth Auraparay. Mereka membuka acara ini dengan menyanyikan lagu Aku Papua.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan PON XX dan Peparnas XVI di Papua akan berjalan lancar.

Apalagi berdasarkan laporan Pangdam dan Kapolda, sudah banyak cabang olahraga yang mulai bertanding sejak 22 September kemarin. Kata Mahfud seluruh kegiatan ini berjalan lancar mengingat pengaman secara berlapis telah dilakukan.

"Insyaallah dari sudut keamanan semuanya sudah diantisipasi secara berlapis tapi penuh kedamaian tidak menakutkan. Tidak serem gitu, karena ini pesta olahraga," kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya.

Mahfud berpesan aparat keamanan dapat bekerja maksimal sehingga PON dapat dibuka dengan lancar, aman, dan sesuai protokol kesehatan. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir langsung dalam acara tersebut. Sementara untuk masyarakat, dia meminta mereka mendukung terus kegiatan pesta olahraga tersebut.