Dengar Lagu Papua Asai Bori Yambe Yoper, Jokowi Berjoget Sambil Tepuk Tangan
Presiden Jokowi menghadiri pembukaan PON (Foto: tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berjoget sambil bertepuk tangan ketika dengan mendengar lagu Asai Bori Yambe Yoper. Momen ini terekam saat ia menghadiri acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua pada Sabtu, 2 September.

Dipantau melalui tayangan langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi yang menggunakan jaket PON XX Papua bercorak merah dan putih itu awalnya asik menonton pawai kontingen yang berlaga dalam perhelatan tersebut. Di akhir pawai, kontingen Papua yang jadi tuan rumah masuk ke stadion dengan iringan lagu Asai Bori Yambe Yoper yang meriah.

Seluruh undangan dan tamu yang hadir dalam acara tersebut kemudian bertepuk tangan. Tak terkecuali Presiden Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu tampak menganggukkan kepalanya sambil bertepuk tangan. Wajahnya juga sumringah meski ditutupi masker berwarna cokelat.

Dalam gelaran tersebut, deretan menteri Kabinet Indonesia Maju tampak hadir seperti Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menpora Zainudin Amali, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono dan menteri lainnya.

Ada juga Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Gubernur Papua Lukas Enembe dan para pejabat negara lainnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan PON XX dan Peparnas XVI di Papua akan berjalan lancar.

Apalagi berdasarkan laporan Pangdam dan Kapolda, sudah banyak cabang olahraga yang mulai bertanding sejak 22 September kemarin. Kata Mahfud seluruh kegiatan ini berjalan lancar mengingat pengaman secara berlapis telah dilakukan.

"Insyaallah dari sudut keamanan semuanya sudah diantisipasi secara berlapis tapi penuh kedamaian tidak menakutkan. Tidak serem gitu, karena ini pesta olahraga," kata Mahfud dalam keterangan tertulisnya.

Mahfud berpesan aparat keamanan dapat bekerja maksimal sehingga PON dapat dibuka dengan lancar, aman, dan sesuai protokol kesehatan. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir langsung dalam acara tersebut. Sementara untuk masyarakat, dia meminta mereka mendukung terus kegiatan pesta olahraga tersebut.