Anggapan Prabowo Di-<i>Endorse</i> Jokowi Menguat Usai Deklarasi Capres, Gerindra: Mudah-mudahan Begitu
Prabowo Subianto/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Partai Gerindra merespons isu dukungan atau endorse Presiden Joko Widodo kepada Menteri Pertahanan yang juga ketua umumnya Prabowo Subianto, untuk maju menjadi calon presiden 2024. Gerindra berharap dukungan Jokowi ke Prabowo benar adanya. 

Isu endorsement tersebut menguat setelah Prabowo Subianto terlihat berjoget saat perayaan HUT RI di Istana Negara, Rabu, 17 Agustus, kemarin. Pasalnya, disebut-sebut hanya Prabowo capres yang diijinkan Jokowi maju ke depan untuk berjoget bersama. 

Awalnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengaku tidak tahu menahu terkait isu tersebut. 

"Saya tidak tahu," ujar Muzani kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 18 Agustus.  

Menurut Muzani, hal yang biasa jika Prabowo maju berjoget bersama menteri dan para undangan lainnya di HUT RI, Rabu, 17 Agustus. Sebab, kata dia, sebagai mantan prajurit Prabowo biasa mengekspresikan diri ketika lagu rakyat dinyanyikan. 

"Saya kebetulan ada di lapangan sekitar istana. Jadi saya tahu, saya kira itu spontanitas Pak Prabowo. Karena itu kan lagu rakyat, lagunya kebanyakan rakyat Indonesia masa kini ya. Jadi ketika lagu itu didendangkan, refleks dan spontanitas untuk joged," jelasnya. 

"Pak Prabowo itu kan seorang prajurit, seorang tentara, yang kemudian mengekspresikan itu, itu biasa," sambung Muzani. 

Namun, Muzani berharap dukungan Jokowi ke Prabowo benar menguat setelah deklarasi sebagai capres dari Gerindra pada Rapimnas lalu.

"Mudah-mudahan begitu (endorse ke Prabowo menguat setelah deklarasi capres, red). Ini subjektif saya," katanya.

Sebelumnya, dukungan Jokowi untuk Prabowo Subianto diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani.

Arsul mengatakan, Jokowi kerap terlihat bersama dengan Prabowo dalam berbagai kegiatan. Sehingga wajar apabila diartikan sebagai dukungan Jokowi buat Menteri Pertahanan itu maju kembali di pilpres.

"Saya kira Pak Prabowo yang kami lihat itu juga terlihat dalam sejumlah kegiatan bersama Pak Jokowi. Dan itu secara implisit sebetulnya menunjukkan endorsement," kata Arsul kepada wartawan, Kamis, 4 Agustus.