Kenakan Kemeja Putih dengan Noken, Jokowi 'Terciduk' Mampir ke Pedagang, Lahap Makan Jagung Rebus
Presiden Joko Widodo (Foto: Sekretariat Kabinet RI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak pernah kehilangan momen dekat rakyat dalam setiap kunjungannya. Alih-alih dikawal ketat Paspampres tanpa henti, Jokowi tanpa sungkan menghampiri rakyat dan berbagai cerita bersama mereka.

Sama seperti pembukaan PON XX di Papua, Sabtu, 2 Oktober malam lalu. Tanpa diduga, Jokowi turun gelanggang olahraga dan bermain bersama beberapa pemuda Papua, termasuk legenda sepak bola, Jack Komboy.

Awalnya, Jokowi diajak oleh seorang anak saat pembukaan acara olahraga tersebut. "Bapak Presiden, mari sini, ikut kita,” ajak seorang anak kecil yang mengenakan baju khas sambil membawa alat musik tifa dilansir dari laman Setkab.go.id.

Tak menunggu waktu lama, Jokowi pun turun. Kakinya lincah mengoper, beberapa kali menggiring dan menembak ke arah pemuda Papua. Setiap kali Jokowi menendang, suara penonton pun riuh bersemangat.

Dari sepak bola, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyempatkan diri membeli dagangan jagung rebus yang dijual di pinggir jalan. Hal tersebut terjadi saat Presiden Jokowi selesai meninjau lokasi penanaman jagung di Kabupaten Sorong, 4 Oktober 2021.

Saat itu, Jokowi ditemani oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Jokowi mengenakan kemeja putih dengan noken melingakar di tubuhnya. Dilihat pada kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi langsung memakan jagung rebus.

Lahap? Ya, Jokowi lahap memakannya. Warga sekitar pun heboh dengan kunjungan mendadak Jokowi. Puan pun tak ketinggalan memesan jagung rebus ke padagang.

"Bungkus yang matang ya," kata Puan.

Untuk informasi, PON XX di Paua dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Lukas Enember, Jayapura, Papua, Sabtu, 2 Oktober. Dalam pidatonya, Jokowi menyapa warga Papua dengan bahasa Sentani.

"Masyarakat Papua yang saya cintai, kasih, dan sayangi. Huwe foi. Onomi remai, wa wa wa," kata Jokowi dalam tayangan langsung di YouTube Sekretariat Presiden.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku bangga dapat membuka gelaran pesta olahraga yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Papua. Jokowi mengatakan, PON XX Papua ini juga menjadi gambaran kemajuan di Bumi Cenderawasih.

"Pekan Olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional," ujar eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.