Viral Ambulans Pembawa Lansia Sakit Dihadang Avanza di Kramatjati, Sopir Sempat Marah
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Unggahan video di media sosial Instagram dengan akun @emergencyresponseindonesia berisi penghadangan mobil ambulans kembali viral.

Dalam rekaman video amatir, ambulans pengantar pasien kritis dari Emergency Response Indonesia dihalangi oleh pengemudi Toyota Avanza yang melaju di Jalan Raya Bogor, Kramatjati, Jakarta Timur, Sabtu 2 Oktober, malam.

Menurut Donang, salah satu kru Emergency Response, kejadian penghadangan laju ambulans terjadi pada Sabtu sekitar pukul 20.00 WIB malam.

Saat itu, ambulans tengah membawa pasien lansia yang mengalami sakit karena komplikasi dari RSUD Pasar Rebo menuju Pulogebang, Cakung. Padahal, sirine mobil ambulans sudah dibunyikan oleh ambulans tersebut tapi pengendara lainnya justru tak menggubris bunyi sirine emergency itu.

Saat itu, kondisi arus lalu lintas jalan juga padat. Sehingga sopir ambulans terpaksa melalui contraflow (lawan arah) karena kondisi darurat.

"Posisi di Kramatjati macet, maka kami mengalihkan ke contraflow. Sebelum pasar," katanya saat dihubungi, Minggu 3 Oktober.

Namun dari arah berlawanan, mobil Avanza tidak memberikan akses lajur kepada ambulans tersebut. Bahkan, sopir Avanza itu justru melakukan penghadangan memperlambat laju kendaraan ambulans. Sopir Avanza itu juga terlihat marah ketika ambulans mengambil jalur contraflow.

"Kami membawa pasien pulang. Rumahnya di Pulogebang. (sopir Avanza) marah, kesal dia. Sempat bilang ke relawan," ujarnya.

Ketika sopir ambulans menyuruh sopir Avanza melakukan pengecekan terhadap muatan pasien, sang sopir justru kabur. Kemudian ambulans kembali melanjutkan perjalanan ke rumah pasien.