Meme Gus Dur 'PKI Mainan Soeharto, Film PKI untuk PKI' Beredar, Eks Jubir Membantah
Cuplikan "Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI" (Sumber: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Warganet di Twitter heboh dengan beredarnya sebuah meme yang menampilkan guyonan Abdurrahman Wahid atau akrab dipanggil Gus Dur. Dalam meme, Gus Dur menyebutkan kalau PKI itu mainan Soeharto.

"Film anak-anak untuk anak-anak. Film dewasa untuk orang dewasa. Film PKI ya khusus untuk orang PKI lah. Gitu aja kok report," begitu petikan kalimat yang diucapkan Gus Dur.

Meme Gus Dur dengan pose sambil tertawa diunggah oleh akun @Rommy Sudiyarto, dikutip Kamis, 30 September. Cuitan akun ini mengatakan "Saya Pikir Gusdur Bapak demokrasi Yg asli ini tdk akan asal bicara, Gusdur Adalah Kepanjangan Tangan Tuhan semesta Alam yg jujur dan penguh Dg Hikmat dari Yg Maha Kuasa."

Heboh soal meme sampai juga ke jempol Adhie Massardi, mantan Juru Bicara Gus Dur. Adhie membantah kalau itu berasal dari Gus Dur.

"HOAX. untuk hal yg penting, baik pernyataan sikap maupun yg disampaikan Gus Dur melalui joke, selalu ada repetisi, diulang Gus Dur di berbagai tempat dan peristiwa," tulis Adhie di akun Twitter-nya, @AdhieMassardi. 

Tangkap Layar @@AdhieMassardi.

"Joke soal G30S/PKI ini tidak pernah sy dengar selama mendampingi Gus Dur. Arifin C Noer, (stdr) sohib GD." cuit Adhie.