Menengok Patung Bung Karno yang Berdiri Gagah di Buleleng Bali
DOK Pemkab Buleleng

Bagikan:

BULELENG - Patung logam Presiden pertama RI Soekarno setinggi 8 meter telah berdiri terpasang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Taman Bung Karno, di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Buleleng, Gede Melandrat menerangkan, patung Bung Karno sudah tiba di Buleleng tiga hari lalu.

Berbagai kelengkapan alat berat untuk menaikkan patung itu sudah dipersiapkan. Hari ini patung Bung Karno sukses dinaikan di atas pedestalnya. 

"Kami bersama kontraktor selama tiga hari telah mempersiapkan alat-alat dengan baik agar ketika patung Bung Karno dinaikkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Melandrat dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 22 September.

Patung Soekarno yang berdiri gagah memakai baju kebesaran dan peci dengan posisi tangan kanan menunjuk ke depan dan tangan kiri memegang tongkat.

Melandrat menyebutkan, untuk pengerjaan selanjutnya penataan RTH Bung Karno masih pada finalisasi Patung Singa Ambara Raja beserta stagenya. Kemudian pengerjaan wantilan akan dibangun Patung Bung Karno dalam momen sungkem. 

"Dibangunnya Patung Bung Karno sungkem di wantilan itu nantinya akan dijadikan tempat edukasi sejarah Bung Karno, pementasan film dan juga karya seni akan dipajang di wantilan," paparnya.

Keberadaan Patung Bung Karno sangar besar dampaknya termasuk menjadi destinasi wisata sejarah nasional. Melandrat juga meyakini pengerjaan RTH Bung Karno selesai tepat waktu.

"Hingga hari ini pengerjaan RTH Bung Karno sudah mencapai 60 persen lebih, kami yakin pengerjaan dapat tuntas tepat waktu," ujarnya.