Di Tengah Perjalanan, Tiba-Tiba Presiden Jokowi Singgah ke RTH Taman Bung Karno di Bali
Presiden Joko Widodo singgah di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, Kamis (2/2/2023) (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana menyempatkan diri singgah di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Bung Karno, yang terletak di Kabupaten Buleleng, Bali.

Dalam keterangan dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, kunjungan tersebut dilakukan Jokowi usai meresmikan Jalan Pintas Batas Kota Singaraja-Mengwitani di Buleleng.

Saat itu, Jokowi dan Iriana sedang melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Danu Kerthi, Kabupaten Buleleng, Bali. Namun, di tengah perjalanan, Jokowi tiba-tiba meminta Asisten Ajudan Presiden Kapten Inf Mat Sony Misturi agar rombongan berhenti di RTH Taman Bung Karno.

Dengan didampingi Gubernur Bali I Wayan Koster, Jokowi melihat prasasti tentang riwayat hidup Bung Karno, tulisan Bung Karno yang ditulis pada 6 Juni 1957, hingga patung Bung Karno.

Sebelum meninggalkan kawasan tersebut, Jokowi dan Iriana menyempatkan berfoto bersama warga sekitar dan membagikan sejumlah buku serta kaus.

Dikutip ANTARA, Kamis 2 Februari, data Badan Penelitian, Pengembangan, dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, Taman Bung Karno memiliki luas 2,2 hektare.

Konsep taman itu, selain sebagai tempat rekreasi, juga berfungsi sebagai taman sejarah dan ekologi berbasis tanaman. Daya tarik taman yang mengusung nama tokoh bangsa Bung Karno itu ialah dinding dengan relief dan diorama mengenai Presiden pertama RI Soekarno tersebut.