Wali Kota Surabaya Kirim Nakes ke Sidoarjo Bantu Vaksinasi Aglomerasi
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengirimkan tenaga kesehatan ke Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, guna membantu percepatan vaksinasi di wilayah aglomerasi.

"Saya dan Pak Kapolrestabes selalu mengatakan bahwa pergerakan kita ini tidak hanya untuk kota kita sendiri, karena Surabaya dipengaruhi aglomerasi," kata Wali Kota Eri Cahyadi di Surabaya dikutip Antara, Senin, 20 September.

Dia menyebut wilayah aglomerasi Surabaya Raya meliputi Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan, terutama dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19.

Untuk itu, lanjut Eri Cahyadi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Surabaya sepakat untuk membantu penanganan COVID-19 di wilayah sekitar, terutama dalam upaya percepatan vaksinasi.

Eri Cahyadi menyatakan upaya penanganan COVID-19 yang dilakukan Forkopimda Surabaya tidak hanya difokuskan untuk "Kota Pahlawan" itu, sebab situasi COVID-19 di Kota Surabaya juga dipengaruhi wilayah aglomerasi.

Selain itu, Eri Cahyadi menyebut, Surabaya tidak bisa berdiri tanpa kota-kota lain sebagai penunjang.

Karena itu, kata Eri Cahyadi, ketika Sidoarjo maupun daerah sekitar membutuhkan percepatan vaksinasi, Forkopimda Surabaya siap membantu di daerah itu.

"Kami akan mengirimkan nakesnya dan Pak Kapolrestabes juga mengirimkan mobil vaksinnya. Sehingga kita bisa bersama-sama mengatasi pandemi dan selanjutnya menggerakkan ekonominya," ujarnya.

Bagi Eri Cahyadi, memutus mata rantai pandemi di wilayah aglomerasi tidak bisa dilakukan sendiri sehingga dibutuhkan gotong-royong seluruh elemen, baik itu antarkepala daerah maupun masyarakatnya.

"Kepala daerah harus saling bahu-membahu,  ergotong rotong sehingga menjadi satu bagian, aglomerasi tidak bisa dipisahkan," ujarnya.

Mulai Selasa, 21 September, Pemkot bersama Polrestabes Surabaya mulai mengirimkan nakes beserta mobil vaksin ke Sidoarjo. 

Bahkan, Wali Kota Eri Cahyadi bersama Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan berencana hadir langsung dalam peluncuran kegiatan itu.

"Nakes kita kirimkan, mobil vaksin kita kirimkan. Insyaallah, saya dan Pak Kapolres besok akan ke Sidoarjo," katanya.

Dia mengatakan kolaborasi antarkepala daerah itu penting dalam menyelesaikan suatu masalah, utamanya dalam menyelesaikan pandemi COVID-19.

"Karena kebersamaan kita antarkepala daerah, antarforkopimda itu yang terbaik buat negeri ini Indonesia sehingga pandemi ini bisa kita lewati bersama," ujar Eri Cahyadi.