Kapolda Resmikan Puluhan Mobil Vaksinasi Respons Cepat Guna Percepat Vaksinasi di Surabaya
DOK Kepolisian

Bagikan:

SURABAYA - Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta bersama Forkopimda Jatim meresmikan puluhan mobil vaksinasi Keliling Respons Cepat. Mobil yang diinisiasi Forkopimda Surabaya itu, diharapkan bisa mempercepat target herd immunity di Surabaya. 

"Untuk sementara ada 22 mobil vaksinasi respon cepat ini, yang siap melayani masyarakat Kota Surabaya," kata Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta di sela peresmian mobil itu di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Senin, 16 Agustus.

Nantinya, lanjut Nico, mobil itu nantinya akan keliling Surabaya untuk mendatangi masyarakat pinggiran, pedagang pasar, atau melayani masyarakat yang belum melakukan vaksinasi. Warga Surabaya yang belum divaksin juga dapat menghubungi 110 atau lapor kepada pengurus RT/RW, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta puskesmas di wilayah kelurahan masing-masing. 

"Bisa juga masyarakat menghubungi 110 atau menghubungi RT, RW, Babinsa, Babinkamtibmas atau petugas yang ada di Puskesmas, untuk mendaftar vaksinasi. Mobil ini akan berangkat ke sana, tapi ingat melapor terlebih dahulu," ujarnya. 

Mobil tersebut, lanjut Nico, berisi tenaga kesehatan, serta anggota TNI-Polri dan Dinkes. Sasarannya adalah masyarakat yang berada di pinggiran, yang tidak bisa hadir dalam serbuan vaksinasi, seperti masyarakat nelayan, masyarakat pedagang di pasar-pasar, atau berdasarkan permintaan.

"Tidak menutup kemungkinan kalau warga Surabaya sudah divaksin seluruhnya, mobil ini bisa digunakan untuk jajaran aglomerasi Surabaya Raya, seperti di Sidoarjo, Gresik maupun di kota-kota lainnya," katanya. 

Nico mengapresiasi inisiatif dari Wali Kota Surabaya beserta seluruh jajaran Forkompimda, atas inovasi ini. Ia berharap warga Surabaya bisa semuanya divaksin. 

"Ini merupakan semangat buat kita semua di dalam mewujudkan musyawarah, mufakat, dan gotong royong dalam menghadapi permasalahan, khususnya menghadapi vaksinasi ini.