Peritel Starbucks cs Ini Labanya Anjlok 83,63 Persen di Kuartal I 2020
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dampak pandemi COVID-19 turut dirasakan oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). Perusahaan yang dikenal sebagai peritel brand-brand macam Starbucks, Zara, dan SOGO ini mengalami penurunan laba bersih cukup signifikan di kuartal I 2020.

Meski mencatat peningkatan pendapatan bersih 0,64 persen dari Rp4,68 triliun menjadi Rp4,71 triliun, laba bersih MAP anjlok 83,63 persen di kuartal I 2020. Perseroan hanya meraup laba bersih Rp27,3 miliar, berbanding cukup jauh dengan capaian periode yang sama 2019, yakni Rp166,68 miliar.

VP Investor Relations & Coporate Communication MAP Ratih D. Gianda mengungkapkan, penurunan laba bersih ini juga terkait penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 73. Atas penerapan standar akuntasi terbaru itu, Ratih menyebut, laba bersih perseroan mengalami pengurangan Rp30 miliar.

Jadi seharusnya Rp57,3 miliar. Dengan menerapkan metode retrospektif yang telah dimodifikasi, perseroan tidak akan melakukan pengungkapan kembali pada pembukuan kinerja 2019," ujar Ratih dalam keterangan yang dikutip, Rabu 1 Juli.

Meski kinerja keuangan turun, Ratih menegaskan, perseroan memprioritaskan kecepatan dan respons dalam memastikan pelanggan untuk selalu mendapatkan akses terhadap produk dan merek MAP. Fokus utama MAP saat ini adalah meningkatkan penjualan melalui omni channel, melakukan penghematan melalui sejumlah efisiensi biaya, serta berkomunikasi secara intensif dengan para pemilik merek dan vendor.

"Kami juga telah melakukan investasi dalam meningkatkan kemampuan online, mobile dan media sosial perusahaan," jelasnya.

Seiring dengan anjuran pemerintah untuk bekerja dari rumah (work from home), MAP menghadirkan DIGIMAP untuk memenuhi permintaan produk komputer, telepon genggam, dan aksesoris perlengkapan pelanggannya.

Dorong Penjualan via Online

Sementara dari sisi penjualan yang dilakukan para gerainya, Ratih menyebut, MAP melayani para pelanggannya melalui jasa pengiriman online, atau jasa antar sesuai dengan prosedur standar operasional yang berlaku.

Beberapa gerai MAP yang melayani pengiriman online antara lain Starbucks, Pizza Marzano, Genki Sushi, PAUL Bakery, Burger King dan Domino’s Pizza.

Ratih juga memaparkan, MAP memperkenalkan program chat and buy. Program ini memungkinkan pelanggan perseroan berbelanja melalui aplikasi Whatsapp.

"Kami juga menambah jalinan mitra dengan marketplace dan perusahaan teknologi finansial serta bekerja sama dengan influencer digital untuk meningkatkan penjualan dan interaksi dengan publik," kata Ratih.

Ke depan, MAP juga akan memanfaatkan kekuatan atas lebih dari 3,1 juta anggota MAPCLUB. Melalui semua inisiatif tersebut, Ratih memaparkan, penjualan digital MAP naik lebih dari 100 persen hingga Maret 2020.