Satgas Sesalkan Penurunan Testing COVID-19 Saat Kasus Mulai Menurun
ILUSTRASI/UNSPLASH

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut saat ini kasus COVID-19 mingguan kembali mengalami penurunan, seperti yang terjadi pada pekan-pekan sebelumnya.

"Kasus COVID-19 mingguan per 22 Agustus 2021 kembali mengalami penurunan dari sebelumnya 188.323 menjadi 125.102 kasus," kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Kamis, 26 Agustus.

Wiku menuturkan, penurunan kasus COVID-19 telah terjadi selama lima minggu berturut-turut dari puncak kasus. Hal ini, kata Wiku, merupakan kabar baik yang perlu dipertahankan dan semakin diperbaiki lagi.

Namun sayang, Wiku menyebut jumlah orang yang diperiksa atau testing COVID-19 juga mengalami penurunan. Mestinya, kata Wiku, angka testing tetap harus terus ditingkatkan meski kasus telah menurun.

"Sayangnya, jumlah tertinggi dicapai pada 18 Juli sebesar 1.146.793 orang diperiksa, sedangkan minggu ini 688.906," ungkap Wiku.

Meski begitu, jumlah testing pada minggu ini masih lebih tinggi tiga kali lipat dibandingkan jumlah orang yang diperiksa pada sebelum ada lonjakan kasus.

"Pada 16 Mei hanya sebesar 203.510 orang. Ini menandakan bahwa jumlah testing di Indonesia masih diupayakan terus diperbaiki," tutur Wiku.

"Yang menjadi tantangan adalah bagaimana agar peningkatan testing ini dapat dipertahankan pada jumlah yang stabil sehingga tak ada penurunan yang signifikan dan berturut-turut terutama testing pada kelompok prioritas," lanjutnya.