Parpol Koalisi dan PAN Sebut Jokowi <i>On The Track</i> Atasi Pandemi COVID-19
Presiden Jokowi dan pimpinan parpol koalisi serta PAN (ISTIMEWA)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut seluruh ketua umum partai koalisi pendukung pemerintah dan Partai Amanat Nasional (PAN) sepakat menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berada di jalur yang tepat dalam menangani pandemi COVID-19.

Hal ini disampaikannya usai pertemuan antara partai koalisi pendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di Istana Negara yang digelar hari ini, Rabu, 25 Agustus. Selain PDIP dan PAN, partai lain yang hadir adalah Gerindra, NasDem, Golar, PKB, dan PPP.

"Apa yang telah dilakukan oleh Presiden Jokowi di dalam mengatasi pandemi sudah pada track yang benar," kata Hasto dikutip dari keterangan tertulisnya.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi sempat memaparkan sejumlah hal yang berkaitan dengan penanganan COVID-19 dan dapat disimpulkan kerja sama yang baik antar lembaga tinggi negara telah menjaga pertumbuhan perekonomian nasional dan mampu membangun optimisme. 

Apalagi, sejumlah pencapaian sudah terjadi baik dalam pemberian vaksinasi, penambahan kapasitas rumah sakit, hingga program realokasi anggaran.

Para ketua umum partai politik yang hadir, kata Hasto, akan terus memberikan dukungan bagi kebijakan Presiden Jokowi termasuk untuk dalam mendorong pergerakan pertumbuhan perekonomian nasional.

Selain itu, mereka juga telah melihat kesungguhan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 dan membandingkannya dengan yang terjadi di Tanah Air dengan negara lainnya seperti Amerika Serikat, India, Jerman, dan Brasil.

"Bagaimana pun, meski pandemi masih sulit diprediksi kapan berakhir, keseimbangan antara penerapan PPKM di beberapa wilayah dengan pertumbuhan perekonomian terus dilakukan, terutama memastikan bagaimana negara hadir dengan mendorong perekonomian rakyat," ungkap Hasto.

Selain itu, Hasto juga menyinggung kehadiran PAN dalam pertemuan rutin ini. Menurutnya, kehadiran partai di luar koalisi pemerintahan makin menunjukkan gotong royong antar komponen bangsa dan makin memberikan energi positif terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Dari dialog antar ketua umum partai politik dengan Presiden Jokowi, selain memperkuat optimisme juga merupakan tradisi baik dalam demokrasi Pancasila," pungkasnya.