Kasus Infeksi Masih Tinggi di Sydney, PM Morrison Ingin Australia Belajar Hidup dengan COVID-19
Ilustrasi pusat vaksinasi COVID-19 di Australia. (Wikimedia Commons/Nick-D)

Bagikan:

JAKARTA - Australia harus mulai belajar untuk hidup dengan COVID-19 ketika target vaksinasi yang lebih tinggi tercapai, Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan pada Hari Senin, meskipun ada kekhawatiran di beberapa negara bagian tentang dampak lonjakan kasus di Sydney.

Dengan lebih dari setengah dari semua warga Australia terjebak dalam penguncian selama berminggu-minggu untuk mengekang varian Delta yang sangat menular, PM Morrison mengatakan negara itu harus bergerak maju dan mulai mengurangi pembatasan, karena semakin banyak orang yang divaksinasi.

"(Lockdown) tidak bisa berlangsung selamanya. Ini bukan cara hidup yang berkelanjutan di negara ini," katanya dalam konferensi media yang disiarkan televisi di Canberra, mengutip Reuters Senin 23 Agustus.

"Karena kalau tidak 70 persen dan 80 persen (tingkat vaksinasi COVID-19), lalu kapan? Kita harus melakukan langkah itu dan kita harus mempersiapkan langkah itu dan kita harus mempersiapkan negara untuk melakukan langkah itu," sambungnya.

Komentar PM Morrison muncul setelah perbedaan muncul antara negara bagian yang ingin mempertahankan fokus dalam menekan virus, dengan negara bagian terbesar di New South Wales, yang mencari jalan keluar dari penguncian melalui vaksinasi setelah wabah varian Delta yang besar.

Pemerintah federal bulan lalu meluncurkan rencana empat tahap untuk melonggarkan pembatasan, setelah 70 persen dari 25 juta penduduk yang berusia di atas 16 tahun divaksinasi, dengan penguncian ketat tidak lagi diperlukan.

Ketika cakupan vaksinasi mencapai 80 persen, hanya penguncian yang sangat ditargetkan" yang diperlukan. Dan, warga Australia yang divaksinasi akan bebas melakukan perjalanan antar negara bagian.

Negara bagian Australia Barat dan Queensland, yang sebagian besar bebas virus corona, telah menandai mereka mungkin masih mempertahankan beberapa pembatasan, sekalipun ketika target vaksinasi tercapai. Mereka mengatakan, rencana nasional yang disepakati sebelum wabah New South Wales, didasarkan hanya pada wabah kecil di masyarakat.

Sementara itu, Negara Bagian New South Wales melaporkan 818 kasus, sebagian besar di Sydney, sedikit turun dari rekor 830 sehari sebelumnya.

Perdana Menteri New South Wales Gladys Berejiklian mendesak orang untuk tidak terlalu fokus pada kasus. Sebaliknya, ia meminta semua pihak fokus pada peluncuran vaksinasi COVID-19.

"Begitu Anda mencapai dosis ganda 80 persen, setiap negara bagian harus hidup dengan COVID. Anda tidak dapat menjauhkan varian Delta selamanya," tandasnya.

Di Negara Bagian Victoria dengan ibu kota Melbourne, 71 kasus baru terdeteksi dengan 55 telah menghabiskan waktu di komunitas saat menular, yang menurut Perdana Menteri Negara Bagian Daniel Andrews, dapat menggagalkan rencana untuk keluar dari penguncian pada 2 September mendatang.

Untuk diketahui, Australia telah mengelola pandemi lebih baik daripada banyak negara maju lainnya. Namun, lambatnya peluncuran vaksin telah menghilangkan kesuksesan awal.

Secara nasional, 30 persen penduduk di atas 16 tahun telah divaksinasi lengkap, sementara 52 persen telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19. Vaksinasi berjalan pada kecepatan rekor, tetapi target vaksinasi penuh 80 persen tidak akan tercapai sampai Desember pada tingkat saat ini.

Sementara, Negeri Kangguru sendiri telah melaporkan lebih dari 44.600 kasus secara total. Ada 984 kematian, meskipun angka kematian telah menurun sejak tahun lalu.