Studi Israel Buktikan Dosis Ketiga Vaksin COVID-19 Tingkatkan Imunitas
Ilustrasi vaksinasi COVID-19 di Israel. (Wikimedia Commons/Amos Ben Gershom/Government Press Office Israel)

Bagikan:

JAKARTA - Dosis ketiga vaksin COVID-19 Pfizer secara signifikan meningkatkan perlindungan dari infeksi dan penyakit serius di antara orang berusia 60 dan lebih tua di Israel dibandingkan dengan mereka yang menerima dua suntikan, sebut temuan yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Minggu kemarin.

Data tersebut dipresentasikan pada pertemuan panel ahli vaksinasi kementerian pada Hari Kamis pekan lalu dan diunggah ke situs webnya pada kemarin, meskipun rincian lengkap dari penelitian tersebut tidak dirilis.

Mengutip Reuters Senin 23 Agustus, temuan itu setara dengan statistik terpisah yang dilaporkan minggu lalu oleh penyedia layanan kesehatan Maccabi Israel, salah satu dari beberapa organisasi yang memberikan suntikan booster untuk mencoba mengekang virus corona varian Delta.

Merinci statistik dari Institut Gertner Israel dan Institut KI, pejabat kementerian mengatakan bahwa di antara orang berusia 60 tahun ke atas, perlindungan terhadap infeksi yang diberikan mulai 10 hari setelah dosis ketiga empat kali lebih tinggi daripada setelah dua dosis.

Dosis ketiga untuk lebih dari 60 tahun menawarkan perlindungan lima sampai enam kali lebih besar, setelah 10 hari sehubungan dengan penyakit serius dan rawat inap. Kelompok usia ini sangat rentan terhadap COVID-19. Di Israel, mereka adalah yang pertama menerima vaksin saat program vaksinasi COVID-19 dimulai akhir Desember lalu.

Dalam beberapa pekan terakhir, Kementerian Kesehatan mengatakan kekebalan telah berkurang dari waktu ke waktu untuk orang tua dan orang muda juga. Kebanyakan orang yang divaksinasi yang jatuh sakit parah di Israel berusia di atas 60 tahun dan dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Israel mulai memberikan suntikan ketiga untuk lebih dari 60 tahun pada 30 Juli. Pada Hari Kamis, otoritas setempat menurunkan usia kelayakan untuk booster menjadi 40, dan termasuk wanita hamil, guru dan petugas kesehatan di bawah usia itu. Dosis ketiga hanya diberikan kepada mereka yang menerima suntikan kedua setidaknya lima bulan yang lalu.

Terpisah, Amerika Serikat telah mengumumkan rencana untuk menawarkan suntikan booster kepada semua warganya, mengutip data yang menunjukkan perlindungan yang semakin berkurang. Kanada, Prancis, dan Jerman telah mengumumkan kampanye pendorong.

Memerangi wabah varian Delta sejak Juni, Israel saat ini memiliki salah satu tingkat infeksi per kapita tertinggi di dunia. Hampir 1,5 juta orang dari 9,3 juta penduduk negara itu telah menerima pukulan ketiga.

Sebuah studi terpisah oleh Pusat Medis Sourasky Tel Aviv menemukan, Individu di bawah usia 65 tahun yang mengalami imunosupresi mengembangkan antibodi 43 persen lebih banyak, setelah menerima suntikan ketiga vaksin virus corona Pfizer daripada yang mereka lakukan setelah mendapatkan suntikan kedua. Sementara bagi mereka yang berusia di atas 65 tahun, ada peningkatan 36 persen.

Selain itu, Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Nachman Ash mengatakan, dosis ketiga diharapkan memiliki efek yang lebih tahan lama daripada dua sebelumnya, kemungkinan setidaknya sembilan hingga 12 bulan.

"Datanya sangat menggembirakan," kata Prof. Cyrille Cohen, kepala laboratorium imunologi di Universitas Bar-Ilan seperti mengutip The Jerusalem Post.

"Kami tahu efektivitas vaksin menurun dari waktu ke waktu dan oleh karena itu semakin banyak (antibodi) yang Anda mulai, semakin lama perlindungan mungkin efektif," sambungnya.