Intelijen Ungkap Senjata Buatan AS yang Dikuasai Taliban, 2.000 Kendaraan Lapis Baja hingga Helikopter Black Hawk
Ilustrasi kendaraan militer buatan AS di Afghanistan. (Wikimedia Commons/MSgt Benjamin Bloker)

Bagikan:

JAKARTA - Sekitar sebulan yang lalu, Kementerian Pertahanan Afghanistan mengunggah foto-foto tujuh helikopter baru yang tiba di Kabul, di media sosial. Helikopter tersebut dikirim oleh Amerika Serikat (AS).

"Mereka akan terus melihat dentuman keras dari dukungan semacam itu, ke depan," kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin kepada wartawan beberapa hari kemudian di Pentagon, mengutip Reuters Kamis 19 Agustus.

Namun, beberapa minggu kemudian, Taliban telah merebut sebagian besar negara itu, serta semua senjata dan peralatan yang ditinggalkan oleh pasukan Afghanistan yang melarikan diri.

Video menunjukkan, Taliban yang mengusai Kabul pada Minggu 15 Agustus, memeriksa barisan panjang kendaraan dan membuka peti senjata api baru, peralatan komunikasi, dan bahkan pesawat tak berawak militer.

"Segala sesuatu yang belum dihancurkan adalah milik Taliban sekarang," seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim.

afghanistan
Ilustrasi militer Afghanistan di kendaraan Humvee buatan AS. (Wikimedia Commons/U.S. Department of Defense Current Photos)

Pejabat AS saat ini dan seorang mantan pejabat mengatakan, ada kekhawatiran senjata itu dapat digunakan untuk membunuh warga sipil, disita oleh kelompok militan lain seperti ISIS, untuk menyerang kepentingan AS di kawasan itu, atau bahkan berpotensi diserahkan kepada musuh AS, termasuk China dan Rusia.

Pemerintahan Presiden Joe Biden sangat prihatin dengan 'jatuhnya' senjata-senjata tersebut ke tangan Taliban, sehingga sedang mempertimbangkan sejumlah opsi untuk mengatasi masalah ini.

Para pejabat mengatakan meluncurkan serangan udara terhadap peralatan yang lebih besar, seperti helikopter, belum dikesampingkan, tetapi ada kekhawatiran ini akan menyebabkan Taliban 'memusuhi' Amerika Serikat pada saat bersamaan.

Pejabat lain mengatakan, sementara belum ada angka pasti, penilaian intelijen saat ini meyakini Taliban mengendalikan lebih dari 2.000 kendaraan lapis baja, termasuk Humvee AS, dan hingga 40 pesawat yang berpotensi termasuk UH-60 Black Hawk, helikopter serang pengintai dan drone militer ScanEagle.

"Kami telah melihat pejuang Taliban yang dipersenjatai dengan senjata buatan AS yang mereka sita dari pasukan Afghanistan. Ini menimbulkan ancaman signifikan bagi Amerika Serikat dan sekutu kami," ujar politis Partai Republik Michael McCaul yang duduk dalam Komite Urusan Luar Negeri DPR AS melalui surat elektronik.

afghanistan
Ilustrasi Angkatan Udara Afghanistan. (Wikimedia Commons/Master Sgt. Shane A. Cuomo/1st Combat Camera Sq)

Kecepatan serangan Taliban di Afghanistan, mengingatkan pada militan ISIS saat mengambil alih persenjataan buatan AS dari tangan tentara Irak yang nyaris tanpa perlawanan di tahun 2014 silam.

Antara Tahun 2002 hingga 2017, Amerika Serikat memberi militer Afghanistan persenjataan yang diperkirakan senilai 28 miliar dolar AS, termasuk senjata, roket, kacamata penglihatan malam, hingga drone kecil untuk pengumpulan informasi intelijen.

Tapi, helikopter Blackhawk telah menjadi tanda bantuan militer AS yang paling terlihat, dan seharusnya menjadi keuntungan terbesar militer Afghanistan atas Taliban.

Sementara, antara tahun 2003 hingga 2016, Amerika Serikat menyediakan pasukan Afghanistan dengan 208 pesawat, menurut Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS (GAO). Minggu lalu, banyak dari pesawat itu yang paling berguna bagi pilot Afghanistan untuk melarikan diri dari Taliban.

Salah satu pejabat AS mengatakan, sekitar 40 sampai 50 pesawat telah diterbangkan ke Uzbekistan oleh pilot Afghanistan yang mencari perlindungan. Sebab, sebelum mengambil alih kekuasaan di Kabul selama akhir pekan, Taliban telah memulai kampanye pembunuhan pilot.

Beberapa pesawat berada di Amerika Serikat untuk pemeliharaan dan akan tinggal. Mereka yang dalam perjalanan ke pasukan Afghanistan malah akan digunakan oleh militer AS untuk membantu evakuasi dari Kabul.

Pejabat saat ini dan mantan mengatakan bahwa sementara mereka khawatir tentang Taliban memiliki akses ke helikopter, pesawat membutuhkan perawatan yang sering dan banyak yang rumit untuk terbang tanpa pelatihan ekstensif.

"Ironisnya, fakta bahwa peralatan kami sering rusak adalah penyelamat di sini," kata pejabat ketiga.

afghanistan
Pasukan khusus Afghanistan yang dididik dan dipersenjatai oleh AS. (Wikimedia Commons/Sgt. Audiffred Laboy Cruz)

Pensiunan Jenderal Angkatan Darat AS Joseph Votel, yang mengawasi operasi militer AS di Afghanistan sebagai kepala Komando Pusat AS dari 2016 hingga 2019, mengatakan sebagian besar perangkat keras kelas atas yang ditangkap oleh Taliban, termasuk pesawat, tidak dilengkapi dengan teknologi sensitif AS.

"Dalam beberapa kasus, beberapa di antaranya akan lebih seperti piala," kata Votel.

Ada kekhawatiran yang lebih mendesak tentang beberapa senjata dan peralatan yang lebih mudah digunakan, seperti kacamata penglihatan malam.

Sejak tahun 2003 Amerika Serikat telah menyediakan pasukan Afghanistan dengan setidaknya 600.000 senjata infanteri, termasuk senapan serbu M16, 162.000 buah peralatan komunikasi dan 16.000 perangkat night-vision goggle.

"Kemampuan untuk beroperasi di malam hari adalah pengubah permainan yang nyata," ungkap seorang pembantu kongres kepada Reuters.

Votel dan yang lainnya mengatakan, senjata kecil yang disita oleh pemberontak seperti senapan mesin, mortir, serta artileri termasuk howitzer, dapat memberi Taliban keuntungan melawan segala perlawanan yang dapat muncul di benteng anti-Taliban bersejarah seperti Lembah Panjshir di timur laut Kabul.

Terpisah, para pejabat AS berharap sebagian besar senjata akan digunakan oleh Taliban sendiri, tetapi terlalu dini untuk mengatakan apa yang mereka rencanakan, termasuk kemungkinan berbagi peralatan dengan negara-negara saingan seperti China.

Andrew Small, pakar kebijakan luar negeri China di German Marshall Fund Amerika Serikat, mengatakan Taliban kemungkinan akan memberi Beijing akses ke senjata AS apa pun yang sekarang mungkin mereka kendalikan.

Salah satu pejabat AS mengatakan, tidak mungkin China akan mendapatkan banyak, karena Beijing kemungkinan sudah memiliki akses ke senjata dan peralatan. Situasi tersebut, kata para ahli, menunjukkan bahwa Amerika Serikat membutuhkan cara yang lebih baik untuk memantau peralatan yang diberikannya kepada sekutu.

Itu bisa berbuat lebih banyak untuk memastikan pasokan itu ke pasukan Afghanistan dipantau dan diinventarisasi secara ketat, kata Justine Fleischner dari Penelitian Persenjataan Konflik yang berbasis di Inggris. "Tetapi waktu telah berlalu agar upaya ini berdampak di Afghanistan," tukas Fleischner.