VIDEO: Teka-Teki Penerus SIJ KGPAA Mangkunegara IX Part 1: Paundrakarna atau Bhre Cakrahutomo?
Siapakah yang akan menjadi penerus Mangkunegara IX, Paundrakarna atau Bhre Cakrahutomo? (Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah kepergian SIJ KGPAA Mangkunegara IX yang menarik dan ditunggu-tunggu publik adalah siapa yang akan menjadi penerus tahta kerajaan. Apakah Bhre Cakrahutomo dan Paundrakarna? Namun karena masih dalam suasana berkabung, persoalan ini belum dibicarakan di istana Mangkunegaran.

SIJ KGPAA Mangkunegara IX telah tiada pada Jumat, 13 Agustus. Hal ini tentu masih menyisakan teka-teki bagi warganet. Meski warganet sudah menebak-nebak siapa penerus Mangkunegara IX namun siapa yang akan menjadi penerus belum diputuskan.
Ada dua nama anak laki-laki dari mendiang yang menjadi sorotan, yakni Bhre Cakrahutomo anak dari permaisuri dan Paundrakarna anak dari mendiang dari istri pertama Sukmawati Soekarnoputri.

Untuk membahas persoalan ini VOI melakukan wawancara dengan seorang pegiat budaya dari Solo Raya, yang bernama R. Surojo. Dia menerangkan soal pemilihan dan siapa yang berhak menjadi penerus Mangkunegara IX secara aturan budaya yang berlaku selama ini. Namun jika SIJ KGPAA Mangkunegara IX ada wasiat soal siapa yang akan menjadi penerus tahta keadaannya bisa berubah. Inilah wawancara selengkapnya.