Pulau Baru Ditemukan Usai Gunung Berapi Bawah Laut Meletus di Jepang
Pulau Baru Jepang. (Sumber: Japan Coast Guard)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah pulau baru telah ditemukan di dekat Pulau Iwoto yang terletak sekitar 1.200 kilometer selatan Tokyo, Jepang setelah gunung berapi bawah laut mulai meletus akhir pekan lalu, kata Penjaga Pantai Jepang.

Pulau baru berbentuk C dengan diameter kurang lebih 1 kilometer itu ditemukan setelah gunung berapi, sekitar 50 km selatan Iwoto di Kepulauan Ogasawara yang terletak Samudra Pasifik mulai meletus pada Hari Jumat pekan lalu.

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tentang asap dan endapan abu besar di perairan terdekat, yang ditimbulkan karena letusan aktif dan diperkirakan akan terus berlanjut.

"Penjaga pantai menemukan pulau yang baru terbentuk, ketika mengamati letusan dari udara pada Hari Minggu," menurut badan cuaca, seperti mengutip Kyodo News 17 Agustus.

Batu apung yang diciptakan oleh aktivitas gunung berapi juga ditemukan oleh penjaga pantai yang mengambang di area 60 km ke arah barat laut.

Sebelumnya, pulau-pulau baru telah dikonfirmasi di daerah itu pada tahun 1904, 1914 dan 1986, dengan semuanya telah tenggelam karena erosi oleh gelombang dan arus.

"Yang ditemukan pada tahun 1986 tenggelam setelah sekitar dua bulan," menurut penjaga pantai setempat.

Karena gunung berapi bawah laut terletak di dekat Pulau Minami Iwoto, pulau paling selatan di rantai pulau, setiap pulau baru di daerah tersebut dapat ditambahkan ke wilayah Jepang, jika diakui sebagai pulau yang terbentuk secara alami menurut standar internasional.

Untuk diketahui, mengingat lokasinya, bagaimanapun, pulau baru itu tidak mungkin mempengaruhi perairan teritorial atau zona ekonomi eksklusif negara itu meskipun tetap berada di atas permukaan.