Aksi Penipuan Uang Receh Terekam CCTV di <i>Pet Shop</i> Ciracas Jaktim
Penipuan uang receh di Ciracas...

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu toko hewan peliharaan (pet shop) di daerah Ciracas, menjadi korban penipuan. Beruntung aksi pelaku terekam CCTV di toko tersebut, sehingga memudahkan kepolisian mengusut kasus ini.

Dari rekaman kamera CCTV, terlihat satu dari tiga orang pelaku masuk ke dalam toko yang terletak di Jalan Cibubur 1, Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur. Pelaku berkaos merah ini mulanya menukarkan uang koin yang dibawanya dengan menggunakan plastik.

Baran, penjaga pet shop mengatakan, awalnya pelaku tersebut minta uang koin miliknya ditukar dengan uang kertas senilai Rp2,7 juta. Namun dirinya menolak lantaran jumlah yang diminta tidak mencukupi, hanya ada Rp800 ribu. Namun, kata Baran, pelaku tetap ingin uangnya ditukar dengan jumlah yang ada.

Karena dipaksa, penjaga toko pun memberikannya, dan menerima uang koin dalam kantung plastik milik pelaku. Tak lama, pelaku langsung kabur meninggalkan toko. Kecurigaan si penjaga toko terbukti, setelah dihitung uang yang ada di dalam plastik hanya berjumlah Rp190 ribu, bukan Rp800 ribu.

"Kejadian malam-malam pada saat mau tutup, datang 3 orang nawarin recehan. Dia bilang disuruh sama bos saya. Ya dia bilang angkanya nggak masuk akal, awalnya minta sekitar Rp2,7 juta," kata Baran, Minggu 15 Agustus.

Pelaku yang berjumlah tiga orang itu membagi tugas saat menjalankan aksinya. Dua orang mengawasi di luar toko, rekannya lagi menjadi eksekutor penipuan uang receh.

"Pelaku maksa bilang nggak percaya banget, ini disuruh bos. Dia minta cepetan, lanjut saya kasih uangnya. Terus bos datang, saya itung uangnya cuma ada Rp190 ribu. Pelaku boncengan bertiga naik motor," tutur Baran.

Meski telah dirugikan, pemilik toko belum melaporkan kasus penipuan itu ke pihak kepolisian. Aksi para pelaku pun membuat pemilik toko resah.

"Kalau melapor (polisi) itu urusan bos (pemilik pet shop). Pelaku penampilannya seperti pengamen. Dia (pelaku) sok akrab gitu," ujarnya.