Polda Papua akan Uji Coba Ganjil-genap Mulai Besok
Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri /Antara

Bagikan:

JAKARTA - Polda Papua akan melakukan uji coba ganjil genap bagi kendaraan yang akan melintas di ruas jalan tertentu. Uji coba ini dilakukan jelang pelaksanaan PON XX yang akan dilaksanakan di empat wilayah.

Selain uji coba menjelang PON, pemberlakuan ganjil-genap itu juga untuk membatasi mobilitas warga selama masa PPKM level IV dan III.

"Memang benar, kami akan melakukan uji coba penerapan ganjil-genap di Kabupaten dan Kota Jayapura," kata Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri di Jayapura, dilansir Antara, Minggu, 15 Agustus.

Dia menjelaskan tujuan utama pelaksanaan uji coba pemberlakuan ganjil-genap bagi kendaraan yang akan melintas di ruas jalan tertentu guna mengantisipasi saat pelaksanaan PON XX karena ruas jalan yang ada masih terbatas.

Direktorat Lalu Lintas Polda Papua dibantu satuan lainnya akan mulai melaksanakan pemberlakuan ganjil-genap pada Senin, 16 Agustus di beberapa ruas jalan, untuk Kota Jayapura, yakni Jalan Ahmad Yani, Kelapa Dua Entrop dan Jalan Abepura-Sentani.

Sedangkan di Kabupaten Jayapura, yaitu Jalan Sentani-Balai Trans yang waktu terbagi yakni dari pukul 08.00-10. 00 WIT, pukul 15.00-17. 00 WIT dan 18.00-20. 00 WIT.

Irjen Fakhiri mengaku uji coba itu akan berlangsung hingga 31 Agustus dan diharap warga masyarakat mematuhi mengingat tidak tertutup kemungkinan saat pelaksanaan PON XX sejumlah ruas jalan akan mengalami kemacetan.

"Uji coba itu dilakukan agar saat terjadi kemacetan arus lalu lintas dapat segera diurai hingga cepat normal kembali, " harap Kapolda Papua yang didampingi Dirlantas Kombes M.Nasihin seraya menambahkan, untuk wilayah Merauke dan Timika juga akan dilaksanakan.

PON XX dijadwalkan berlangsung tanggal 2-15 Oktober mendatang di empat kabupaten dan kota di Papua, yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke dan Timika.

Pemberlakuan ganjil-genap itu juga untuk menekan laju perkembangan COVID-19 di daerah yang padat arus lalu lintasnya.