Beri 'Kado Spesial' Untuk Pria yang Viral Barter Sepatu dengan Susu Anak, Gibran 'Jokowi': Hari Ini Langsung Kerja!
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Surakarta.go.id)

Bagikan:

SOLO - Seorang pria di Solo, Jawa Tengah viral usai mengunggah status berisi ajakan menukar sepatu miliknya dengan susu untuk anaknya. Unggahan ini mendapat perhatian netizen termasuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Pada Selasa, 3 Agustus hari ini, Gibran memanggil si pengunggah ke Balai Kota Surakarta. Diketahui si pria bernama Arif Nugroho, Warga Lewayan, Solo dan memiliki 3 orang anak.

Gibran memberikan kado spesial kepada Arif dengan mengangkatnya sebagai Staf Perlindungan Masyarakat (Linmas) di Kantor Lurah Sondakan, Laweyan, Surakarta. 

"Biar Mas Arif ini punya pekerjaan tetap, itu aja yang paling penting. Hari ini sudah mulai tugas," kata Gibran kepada awak media. 

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menambahkan, Pemkot Solo memiliki komitmen besar kepada masyarakat yang terdampak akibat pandemi COVID. Tidak hanya Arif, setiap warga yang belum tersentuh bantuan negara akan diperhatikan dengan sungguh.

"Kalau ada yang yatim piatu seperti ade-ade yang tadi pendidikan harus dijamin, bansos dari kementerian-kementerian kita pastikan semua tersalurkan, tidak ada pungli dan tepat sasaran. Orang yang belum tersentuh kami siapkan dari APBD yang penting sekarang grafiknya sudah landai, kita mulai mengejar pemulihan ekonomi," terang Gibran. 

Dengan kejadian ini, Gibran berharap para lurah, camat atau semua prangkat daerah untuk lebih peka terhadap warga sekitarnya. Jangan sampai semua keluh kesah, atau masalah dalam hidup viral baru mendapatkan perhatian.

"Jangan nunggu viral, sebab bapak ibu teman lurah yang di wilayah selalu aktif. Kemarin saya tekankan ada warga yang tidak bisa makan, anak-anak tidak bisa sekolah. Intinya jangan nunggu viral, harus gerak di bawah mengerti keadaan," tegas Gibran. 

Di lokasi yang sama, Arif mengaku tidak menyangka akan mendapatkan respons positif dari warganet termasuk Polres Surakarta. Dirinya bersyukur dengan pekerjaan ini karena tiap bulannya ada penghasilan tetap untuk menghidupi keluarga.

Arif mengaku, dirinya memiliki uang untuk membeli susu anaknya. Hanya saja, uang digunakan untuk memperbaiki sepeda motor yang menjadi tumpuan dalam mencari penghasilan.

Sayangnya, meski uangnya sudah terpakai untuk memperbaiki, motornya belum juga berfungsi normal. Arif bingung, harus bekerja apa lagi untuk membeli susu anaknya.

Akhirnya dirinya memberanikan diri untuk mengunggah barter sepatu dengan susu untuk anaknya di akun Facebook.

"Saya juga enggak nyangka bisa direspon Pak Kapolres Surakarta dan Pak Wali Kota. Saya bersyukur," demikian Arif.