Putra Jokowi Kasih Kejutan Spesial untuk Ganjar Pranowo yang Ulang Tahun
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming memberi kejutan kepada Ganjar Pranowo yang berulang tahun tepat di hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. Gubernur Jawa Tengah itu mendapat kado jersey Persis Solo dari Gibran.

Jersey Persis Solo itu dibungkus dalam sebuah kotak. Ganjar membuka langsung jersey spesial tersebut.

Dan yang paling spesial adalah nama di belakang kaos itu. Gibran mencetak khusus jersey dengan inisial 'GP' di belakang kaos.

Video saat Ganjar menerima kado dari Gibran diunggah di akun twitter pribadi Gibran. Supaya makin spesial, momen Ganjar membuka kado Gibran didukung dengan lagu 'Selamat Ulang Tahun' dari Gellen Martadinata.

Ditemui di Solo, Gibran sambil bercanda bilang tadinya mau memberi hadiah Ganjar sebuah mobil.

"Mampunya kasih jersey saja, yah jersey," canda Gibran.

Sebagai orang nomor satu di Jawa Tengah, Gibran punya satu harapan kepada Ganjar.

"Harapannya bisa mengayomi semua orang, termasuk Pasopati dan Persis Solo," tandasnya.

Siapa Ganjar Pranowo?

Ganjar Pranowo ada di urutan kelima di antara enam saudara, pasangan Pramuji dan Sri Suparmi kelahiran asli Karanganyar, Jawa Tengah. Pramuji terbiasa mendidik Ganjar kecil penuh disiplin, ketegasannya memang dibutuhkan sebagai seorang Polisi dalam kesehariannya. Sementara Ibunya sibuk mengurus keenam anak dan keluarganya di rumah.

Ganjar menghabiskan masa SMA di kota, merasa cocok di kota pelajar itu, ia lanjutkan berkuliah di Universitas Gadjah Mada lewat Fakultas Hukum. Selesainya di UGM, ia melengkapi gelar berikutnya di Universitas Indonesia dengan merengkuh Master Ilmu Politik (M.I.P).

Mengawali karir selama empat tahun sebagai konsultan profesional SDM di perusahaan swasta, tak terlintas dalam pikirannya bagaimana nanti dunia politik mengubah perjalanan hidup Ganjar Pranowo. Merasa ingin membesarkan ‘kandang banteng’ provinsi Jawa Tengah, ia mengawali perannya dalam politik sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Matanya terbelalak terpesona. Hatinya terperanjat begitu saja kala melihat sosok wanita mungil bernama Atik. Berbalas perasaan serupa, Atik juga tertarik dengan kecerdasan sosial Ganjar muda. Siti Atikoh, nama lengkap Atik, jujur melihat sosok wibawa kepemimpinan Ganjar muda itu berbeda, menonjol. Wanita yang dikenal Ganjar saat KKN dulu, akhirnya dipersunting. Pada tahun 2001 mereka dikaruniai seorang putra, Zinedine Alam Ganjar.

Gayanya memimpin jauh dari kesan kaku, tak ingin seperti kebanyakan birokrat produk lama. Keluwesannya bercakap membuat siapapun yang berinteraksi dengannya memang nyaman. Dibumbui guyonan-guyonan ala Ganjar seorang. Kalau provinsi tetangga di Jawa Barat punya Ridwan Kamil, lalu di Ibu Kota ada Anies Baswedan, maka Jawa Tengah adalah Ganjar Pranowo. Para pemimpin milenial negeri ini.