Kapolda Metro: Vaksinasi Merdeka Targetkan Lebih Dari 3 Juta Masyarakat Jakarta
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran (Foto: Tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menargetkan proses vaksinasi merdeka dapat menjangkau lebih dari tiga juta masyarakat Jakarta. Sehingga, herd immunity dapat segera tercapai.

"Vaksinasi merdeka kami menargetkan 3 juta 60 ribu masyarakat akan divaksin," ucap Fadil kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jumat, 30 Juli.

Target itu merupakan sisa dari warga Jakarta yang belum menjalani vaksinasi. Dengan adanya vaksin merdeka ini pun dapat mempercepat target pemerintah untuk mencapai herd immunity.

"Itu adalah sisa dari total warga Jakarta 9 jutaan hampir 10 juta yang akan divaksin," ungkap Irjen Fadil.

Dalam proses vaksinasi merdeka, lanjut Fadil, akan dilakukan dua kali. Tahap pertama akan diberlakukan muli tanggal 1 hingga 17 Agustus

Sedangkan, tahap ke dua akan dimulai pada 28 Agustus hingga 13 September. "Gerakan vaksinasi merdeka akan juga lakukan dosis kedua," kata dia.

Selain itu, dalam penerapannya, masyarakat bisa dengan mudah menjalani proses vaksinasi merdeka. Sebab, ada ratusan gerai vaksin yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

"Ada 900 gerai yang berada di pos RW. Masyarakat tinggal buka pintu dia keluar dia bisa langsung divaksin," tandas Irjen Fadil.

Sebagai informasi, vaksin merdeka merupakan program Polda Metro Jaya di Agustus 2021. Tujuan program ini untuk mempercepat pembentukan herd immunity.

Vaksin merdeka pun melibatkan para relawan medis. Mereka terdiri dari dokter umum, dokter gigi, perawat, dan bidan yang sudah mendapat pelatihan khusus.