<i>Bareng</i> Atta Halilintar, Sandiaga Uno Serahkan 1.000 Hewan Kurban dan Sembako <i>Door to Door</i> ke Warga
Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membagikan 1.000 hewan kurban kepada masyarakat Indonesia di hari aaya Iduladha 1442 Hijriyah.

Hewan kurban berupa kambing, kerbau, dan sapi yang dilengkapi surat keterangan sehat dan bebas dari penyakit itu diserahkan secara simbolis di Depok, Jawa Barat, Selasa, 20 Juli, pagi. Dalam kegiatan tersebut, Sandiaga didampingi anggota DPR RI Kamrussamad dan Youtuber Atta Halilintar. 

Sandi menjelaskan, program 1.000 hewan kurban ini dilakukan serentak secara hybrid dengan protokol kesehatan ketat di 114 lokasi Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Pemotongan dan pencacahan serta pembagian daging kurban dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

"Menerapkan protokol kesehatan yang disiplin, kita menggelar teladan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS penuh dengan ketabahan dan kesabaran," ujar Sandiaga.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu mengatakan, kegiatan tersebut juga sebagai upaya mendorong semangat persatuan umat menghadapi pandemi COVID-19. Menurutnya, Iduladha kali ini merupakan hari raya yang sangat spesial karena dirayakan ditengah tantangan Indonesia melawan virus.

"Kita doakan keluarga, sahabat, dan tetangga kita yang telah mendahului karena COVID-19, bagi warga isoman yakinlah dibalik kesulitan akan ada kemudahan," kata Sandi.

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) ini berharap, momentum Iduladha 1442 H mampu memperkokoh pilar persatuan umat, menyiapkan pilar kebangkitan ekonomi umat, serta meneguhkan semangat keadilan sosial.

Dalam hal ini, Sandiaga juga bersinergi dengan tokoh agama, ormas Islam, pondok pesantren, lembaga pendidikan serta 18 pimpinan organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP) Islam di 17 provinsi.

Di antaranya Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Selatan, Sulawesi utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi tenggara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sumatera Utara, Riau, NTT, dan  NTB.

Selain menyerahkan hewan kurban, Sandiaga juga membagikan 100 sembako bagi warga terdampak pandemi COVID-19, di kawasan Depok, Jawa Barat. Pembagian dilakukan usai penyerahan hewan kurban.

Sembako tersebut berisi kebutuhan pokok yang dibutuhkan warga dan dibagikan secara langsung oleh Sandiaga dengan mendatangi rumah warga secara door to door.